Motor klasik langka buatan Traub. Rideapart
Motor klasik langka buatan Traub. Rideapart

Motor Klasik

Kisah Unik Penemuan Motor Langka Traub Berumur 100 Tahun

Otomotif motor klasik
M. Bagus Rachmanto • 18 Maret 2019 16:33
Amerika Serikat: Selalu ada kisah menarik dan unik dibalik penciptaan sepeda motor, baik yang diproduksi oleh pabrikan maupun hasil garapan modifikator atau motor kustom/modifikasi. 
 
Belum lama ini Rideapart mengabarkan sejumlah fakta menarik tentang penemuan sepeda motor klasik langka bernama Traub, yang dikabarkan tersimpan lebih dari 50 tahun.
 
Kisah menarik berawal dari penemuan harta karun motor Traub oleh seorang tukang ledeng, saat Ia membongkar dinding untuk melakukan perbaikan apartemen di Chicago, Amerika Serikat (AS). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usut punya usut, setelah diselidiki ternyata motor tersebut merupakan motor curian semasa zaman perang, yang dilakukan anak pemilik gedung apartemen tersebut. untuk menutupi aksinya, motor disembunyikan di dalam tembok. Sayangnya Dia terbunuh saat perang.
 
Setelah ditemukan motor dibeli oleh dealer motor di Chicago, kemudian dijual ke seorang kolektor sepeda asal California bernama Richard Morris. Terakhir, kepemilikan Traub jatuh ke tangan Dale Walksler, pendiri Wheels Through Time Museum, yang mengoleksi berbagai macam sepeda langka. 
 
Tidak diketahui persisnya kapan Traub dibangun. Tetapi pertama kali didokumentasikan dalam edisi Sepeda Motor Illustrated pada Juli 1907. Sepucuk surat Richard Traub berbicara tentang sepeda motor buatannya dengan sangat rinci, memberikan banyak fakta dan angka tentang ciptaannya.
 
Kisah Unik Penemuan Motor Langka Traub Berumur 100 Tahun
 
Dari jarak tempuh ordometer, diperkirakan Traub membuat motor itu beberapa saat sebelum surat ini Ia tulis pada 1907. Selain itu, beberapa komponen yang tidak dibangun Traub, seperti karburator, magneto, dan roda, tertanggal 1916.
 
Kemungkinan ini adalah versi kedua dari motor yang diperinci dalam surat Traub pada 1907. Mungkin juga ini adalah sepeda asli, dan bahwa Traub memperbarui beberapa bagiannya antara 1907, sampai hilangnya motor itu.
 
Traub juga memiliki beberapa ciri khas teknik yang luar biasa, yakni spesifikasi mesin motor buatan tangannya sangat presisi, sehingga pemilik motor saat ini hanya perlu menggatni satu paking mesin jika melakukan perbaikan. Itu karena tidak ada gasket lain di seluruh mesin.
 
Diperkirakan usia Traub saat ini lebih dari 100 tahun atau satu abad. Diusianya yang sudah tua, kondisinya sangat terawat dan berfungsi normal untuk dipakai harian. Berikut spesifikasinya.
 
Jarak sumbu roda: 55 inci
Kapasitas tangki: 3,5 galon bensin, 1 galon minyak
Kisaran: 125 mil
Horsepower: 4 
Bore and stroke: 3,25 kali 4 inci
Tangki bensin bantu: 0,5 galon
Kecepatan: "lebih dari jalanan akan berdiri"
Gearing: 3.75: 1
Jarak tempuh: 1.500
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif