Ekspresi Andrea Dovizioso ketika airbag di wearpacknya mengembang. Alpinestars
Ekspresi Andrea Dovizioso ketika airbag di wearpacknya mengembang. Alpinestars

Dovizioso Takjub Merasakan Efek Letupan Airbag di Baju Balap

Otomotif motogp balap motor
Ahmad Garuda • 16 Mei 2019 07:49
Jakarta: Teknologi airbag dalam dunia otomotif bukan teknologi baru. Namun airbag di pakaian balap atau wearpack, adalah hal yang masih baru. Lantaran teknologi ini jadi pelindung para pembalap dunia yang menggunakannya. Namun mayoritas teknologi ini masih digunakan di kelas tertinggi.
 
Lalu pernahkah Anda melihat efek secara langsung saat airbag benar-benar mengembang di wearpack seorang pembalap? Dikutip dari laman Facebook La Cricca Della MotoGP, memperlihatkan bahwa efek letupan teknologi airbag di wearpack juga membuat takjub bahkan sekelas pembalap MotoGP Andrea Dovizioso.
 
Terlihat dalam video tersebut saat Ia melakukan pengetesan letupan airbag di wearpack miliknya. Pembalap asal Italia itu merasa tak percaya dan ngotot bahwa efeknya saat di lintasan tidak seperti itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya merasa efeknya tidak seperti ini, tidak sama dengan apa yang saya gunakan saat berada di motor. Atau mungkin juga karena saat terjatuh dari motor kami jadi panik dan tak merasakan letupannya. Tapi rasanya ini sangat berbeda," ujar Dovizioso.
 
Namun perwakilan dari Alpinestars menegaskan bahwa teknologi tersebut benar-benar sama. Tidak ada perbedaan bahkan untuk daya letupnya diklaim sama. Bisa jadi karena merasakannya secara terpisah, bukan simulasi terjatuh dari motor dengan kecepatan tinggi, maka efek letupnya sangat terasa.
 
Sekadar informasi tentang daya ledak airbag ini, cukup cepat. Diklaim dapat mengembang di bawah 0,3 detik dan jika dirasakan dalam kondisi tidak melakukan aktifitas balapan, tentu akan membuat tubuh penggunanya merasakan dentuman cepat kembangan airbag.
 
Penggunaan teknologi airbag di baju balap ini, sudah diawali Dainese beberapa tahun lalu yang disusul pula oleh produsen baju balap Alpinestars. Kemudian FIM memberlakukan regulasi pemasok baju balap yang ingin berkiprah di balap MotoGP, wajib menggunakan teknologi ini sebagai pelindung keamanan para pembalap.
 

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif