Budaya Kerja Mekanik Moto2 Bagus di Tiru di Indonesia
Mekanik Indonesia berkunjung ke paddock Federal Oil Gresini Moto2. Federal Oil
Jakarta: Federal Oil mengajak 106 orang Indonesia untuk berkunjung ke Sepang, Malaysia, untuk menyaksikan MotoGP. Di antara rombongan tersebut, ikut serta dua orang mekanik Indonesia yang mendapatkan kesempatan secara langsung proses kerja tim Federal Oil Gresini Moto2 secara langsung.

Mekanik bengkel Vincent Jaya Motor, Toni, melihat secara langsung proses kerja tim mekanik Federal Oil Gresini Moto2. Menurutnya disiplin pada mekanik ini sangat tinggi untuk mempersiapkan sebuah sepeda motor yang akan digunakan di ajang balap sepeda motor prototipe tersebut.

"Mereka memiliki etos kerja yang baik dan menanamkan budaya disiplin agar bisa berhasil. Mereka selalu mempersiapkan segalanya, termasuk membersihkan setiap komponen usai sepeda motor digunakan," ujar pria yang sempat menjadi pemenang di Federal Oil Mechanic Contest 2018.

Selain itu Trainer Federal Oil Mechanic Contest 2018, Nurudin, yang juga mendapatkan kesempatan masuk ke dalam paddock juga mengamini ucapan Toni. Diakui para mekanik ini sangat detail mempersiapkan komponen sepeda motor, bahkan termasuk mencuci fairing ketika usai digunakan.


“Saya memperhatikan hal-hal kecil yang umumnya tidak diperhitungkan tapi sangat diperhatikan oleh mekanik. Misalnya membersihkan body motor sebelum balapan,” tutur Nurudin melalui keterangan resminya.

Pria yang juga sempat menjadi mekanik Yamaha ini menilai membersihkan debu di bodi bisa bisa saja performa mesin lebih baik lagi. Mengingat bisa saja debu masuk ke mesin dan membuat kinerja mesin kurang optimal.

“Saat saya perhatikan Toni membersihkan body, saya melihat debu dan krikil menempel. Mungkin kalau itu dibiarkan dan krikil atau debu itu masuk mesin, mungkin akan membuat mesin jadi tidak optimal,” imbuh Nurudin.

Selain itu juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana membersihkan cakram rem. Menurutnya membersihkan cakram rem tidak bisa sembarangan, gunakan cairan yang mengandung lemon untuk membersihkannya.

"Mereka sangat detail pengerjannya, bahkan mereka memperhatikan cairan untuk membersihkan setiap komponennya. Saya rasa budaya mereka bagus untuk ditiru mekanik-mekanik di Indonesia," tutup Nurudin.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id