Rata-rata sepeda motor berukuran kecil di Indonesia menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Rata-rata sepeda motor berukuran kecil di Indonesia menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Teknologi Otomotif

Proses Kerja ABS di Sepeda Motor

Ekawan Raharja • 14 November 2018 18:05
Karawang: Banyak sepeda motor sekarang ini yang menyematkan fitur anti-lock Braking System (ABS). Meski demikian masih banyak orang yang belum tahu bagaimana mekanisme ABS bisa bekerja.
 
Project Manager, Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong, menjelaskan secara keseluruhan merupakan fitur aktif keselamatan. Sistem ini menjaga agar ban depan tidak terkunci ketika rem ditekan.
 
"Ketika terjadi pengereman penuh secara bertenaga, roda yang terkunci membuat kendaraan sulit bermanuver sehingga mobil atau sepeda motor lebih rentan tergelincir," terang John kepada Medcom.id di sela-sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018 pada Selasa (13/11/2018) di Karawang Jawa Barat.
Proses Kerja ABS di Sepeda Motor
Ia menerangkan bahwa sepeda motor dengan rem cakram yang dilengkapi ABS, terdapat ring ABS di lingkaran dalam cakram. Ring ABS ini dikemudian dan dikontrol oleh Wheel Speed Censor.

Kemudian WSC akan memberikan informasi ke modulator. Nantinya modulator ini yang akan memerintah pompa hidrolik untuk memberikan tekanan rem.
 
"Modulator akan menghitung seberapa besar tekanan yang harus diberikan oleh pom hidrolik. Sehingga terjadi proses tekan dan lepas rem untuk menyesuaikan tekanan yang dibutuhkan rem
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan