Mengangkat keberadaan mekanik harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuannya. Federal Oil
Mengangkat keberadaan mekanik harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuannya. Federal Oil

Mekanik Kerap Dilupakan di Ekosistem Bisnis Pelumas

Ekawan Raharja • 26 September 2019 17:08
Jakarta: Dalam dunia otomotif, keberadaan mekanik sangat penting untuk melayani kebutuhan konsumen akan perbaikan kendaraan. Namun terkadang peran mekanik dipandang sebelah mata meski posisinya juga penting, khususnya di siklus rantai bisnis pelumas di tanah air.
 
President Director PT Federal Karyatama (FKT), Patrick Adhiatmadja, menerangkan mekanik perlu diasah terus kemampuannya dan dilengkapi dengan soft-skill dalam menghadapi pelanggan. Menurutnya mekanik memegang peranan penting dalam ekosistem bisnis pelumas di Indonesia.
 
"Temen-temen mekanik sering kali di dalam mata rantai ekosistem kita paling terlupakan, padahal penting dan kita ingin mengangkat keberadaan mereka," ungkap Patrick Adhiatmadja Rabu Malam (26/9/2019) di Twin House Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mekanik Kerap Dilupakan di Ekosistem Bisnis Pelumas
 
Bos dari perusahaan produsen pelumas itu menyebutkan bahwa mengangkat keberadaan mereka harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuannya. Tidak hanya sekadar pengetahuan teknik, namun juga tata cara berbicara ketika berhadapan dengan konsumen secara langsung.
 
Federal Oil mencoba untuk mengejawantahkan kepedulian mereka tersebut melalui Federal Oil Mechanic Contest. Kontes mekanik yang lazim dilakukan beragam stakeholder otomotif untuk menjaga mengasah kualitas kemampuan para mekanik di Indonesia.
 
Vice President Director PT Federal Karyatama, Adrian Baskoro, menerangkan program mereka ini memiliki perbedaan dengan kontes mekanik sejenis yang biasa dilakukan oleh produsen sepeda motor. "Kalau di kontes mekanik yang diselenggarakan oleh produsen motor hanya terpaku terhadap satu merek, sedangkan kami untuk semua merek sepeda motor," terangnya dikesempatan yang sama.
 
Mekanik Kerap Dilupakan di Ekosistem Bisnis Pelumas
 
Federal Oil Mechanic Contest 2019 kembali menjaring 134 mekanik sepeda motor dari bengkel-bengkel terpilih rekanan mereka. Kemudian mereka di adu kemampuannya, dan pemenangnya mendapatkan kesempatan menjadi mekanik tim Federal Oil Gresini Moto2 di Sepang Malaysia yang berlangsung pada November 2019.
 
Tidak hanya membina melalui kontes mekanik ini, perusahaan pelumas dalam negeri ini juga melakukan pembinaan terhadap para mekanik mereka. Caranya dengan mengirimkan informasi-informasi mengenai teknologi sepeda motor terbaru, khususnya di sektor kelistrikan yang semakin kompleks.
 
Cara ini juga dilakukan oleh Castrol dengan Super Mechanic Contest 2019. Hanya saja program ini lebih luas dengan mengadu kemampuan mekanik mobil dan sepeda motor, serta berhadiah juga berinteraksi dengan LCR Honda MotoGP Team.
 
(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif