Suasana IMOS+ 2023. Medcom.id/Daniel Christian Duta Erlangga
Suasana IMOS+ 2023. Medcom.id/Daniel Christian Duta Erlangga

Ternyata Ini Citra Merek-Merek Motor di Mata Bikers

Ekawan Raharja • 21 Desember 2023 13:10
Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi sepeda motor terbesar di dunia. Jakpat melakukan penelitian bagaimana persepsi merek merek-merek produsen sepeda motor di mata konsumennya.
 
Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui bagaimana tingkat pembelian sepeda motor Indonesia dan apa saja faktor yang membuat masyarakat memilih merek kendaraan tersebut. Laporan yang melibatkan 1.021 responden ini menunjukkan bagaimana penggunaan sepeda motor, tingkat ketertarikan menggunakan sepeda motor, usia dan merek sepeda motor yang digunakan, serta kesan/citra merek sepeda motor di Indonesia. Survei ini melibatkan responden berusia 17-54 orang dan dilaksanakan pada 17-23 November 2023 secara daring. 

Penggunaan sepeda motor di Indonesia 

Hasil survei Jakpat menyatakan bahwa 9 dari 10 orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Sementara itu, 67 persen responden yang tidak menggunakan sepeda motor mengaku tertarik menggunakan kendaraan roda dua ini untuk keseharian. 
 
Dari 930 responden yang menggunakan sepeda motor, hampir 60 persen menyatakan mengendarai kendaraan roda dua yang berusia di bawah 5 tahun. Artinya, kendaraan yang mereka miliki diproduksi antara tahun 2018-2023.

Dari semua responden, sebanyak 75 persen menggunakan sepeda motor Honda. Peringkat selanjutnya ada Yamaha dan Kawasaki dengan persentase 16 persen dan 1 persen. Secara umum, kategori sepeda motor yang paling banyak digunakan adalah matic dengan tiga terbesar yaitu Scoopy, BeAT Sporty, dan Vario 125.

Kesan Merek Sepeda Motor di Indonesia

Dalam memilih sepeda motor, banyak hal yang dipertimbangkan baik yang sifatnya rasional maupun emosional emosional. Kesan/citra merek salah satu faktor yang dipertimbangkan dan terdiri dari sejumlah aspek di antaranya merek terpercaya, berkualitas tinggi, dan harga jual kembali. 
 
Responden Jakpat menilai aspek merek terpercaya didominasi oleh Honda sebesar 73 persen, disusul Yamaha sebesar 21 persen, Kawasaki mendapatkan kepercayaan 3 persen, dan Suzuki sebesar 2 persen.
 
Selain itu, Honda juga unggul sebagai merek berkualitas tinggi sebesar 67 persen, dibandingkan Yamaha hanya 20 persen, kemudian Kawasaki 7 persen, dan Suzuki sebesar 5 persen saja.
 
Aspek lainnya adalah harga jual kembali tinggi/stabil dengan persentase tertinggi adalah Honda sebanyak 71 persen, diikuti oleh Yamaha 18 persen, Kawasaki 9 persen, dan Suzuki 3 persen. 

“Citra positif yang tinggi terhadap sebuah merek, akan berbanding lurus dengan jumlah penggunanya. Inilah yang terlihat pada merek Honda. Citra positif bisa membuat konsumen tertarik dengan motor Honda. Lalu ketika dia menggunakan motor tersebut, dan ternyata dia juga mendapatkan pengalaman positif, maka dia bisa menjadi loyal advocate consumer,” tutur Head of Research Jakpat, Aska Primardi, melalui keterangan resminya.


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan