Yamaha MT Series, dua dekade jadi petarung di segmen naked bike bertenaga besar. Yamaha
Yamaha MT Series, dua dekade jadi petarung di segmen naked bike bertenaga besar. Yamaha

Dua Dekade Si 'Master of Torque' Milik Yamaha

Otomotif honda motor baru yamaha kawasaki ducati mv agusta
Ahmad Garuda • 19 Maret 2019 13:11
Jakarta: Tahun ini menjadi tahun kejutan bagi para pengguna dan pecinta motor sport di tanah air. Bukan hanya karena awal tahun beberapa pabrikan meluncurkan motor tipe sportnya. Terbaru adalah Yamaha MT-15 yang diluncurkan langsung oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Four Seasons Hotel, Jakarta.
 
Tapi yang istimewa adalah soal perjalanan dua dekade MT series dalam meramaikan pasar sepeda motor sport di berbagai belahan dunia. Karena tepat 20 tahun yang lalu, Yamaha pertama kali memperkenalkan MT-01. Sepeda motor yang diklaim paling bertenaga dan ikonik ini masih berupa concept model pada ajang pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show (1999). Berikut sejarah singkatnya.
 
MT-01 Concept Model (1999)
Mengusung konsep “Kodo” atau Soul Beat, pengembangan MT-01 concept model sangat begitu memperhatikan segala elemen kunci yang dibutuhkan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan. Mulai dari irama dentuman mesin yang dihasilkan oleh kekuatan ledakan di ruang bakar, ritme bertenaga yang tercipta dari perubahan torsi. Getaran suara yang timbul dari intake mesin dan knalpot, hingga detak jantung sang pengendara yang seluruhnya berkolaborasi dalam menghasilkan “Kodo”.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MT-01 (2004)
Merupakan model produksi masal pertama dari keluarga MT series yang mengawali debut di ajang Intermot, München, Jerman. Mengangkat konsep “Soul Beat V-Twin Sport”, MT-01 menyuguhkan mesin V-twin berkapasitas 1,670cc yang dipadukan dengan kerangka aluminium berbobot ringan dan sukses menghadirkan sensasi 'Mega Torque' sesungguhnya kepada pengendara berkat besarnya torsi yang dihasilkan dari mesinnya.
 
Motor ini menjadi musuh besar bagi naked bike yang lebih dulu eksis seperti Ducati Monster. Sementara untuk versi Jepang, motor ini menjadi lawan tangguh dari Kawasaki Z1000 yang sudah lebih dulu nongol untuk segmen motor naked bike. Sedangkan di Amerika, masih ada Buell yang cukup mencolok dengan desain garangnya.
 
MT-09 (2014)
MT-09 merupakan versi generasi terkini dari keluarga MT series yang menawarkan ide-ide baru dalam proses pembuatannya. Ditenagai oleh mesin 3 silinder 846 cc in-line yang dikembangkan berdasarkan Crossplane Concept milik yang memungkinkan motor menghasilkan tenaga lebih optimal.
 
Hadirnya MT-09 ditujukan untuk menawarkan gaya berekendara yang lebih menyenangkan sehingga sangat cocok digunakan oleh para masyarakat urban. Terutama mendukung mobilitas sehari-hari dengan rentang kecepatan yang lebih terukur dan karakter penggunaan yang lebih bebas serta ekspresif.
 
Meski nongol dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, namun rivalitasnya tetap sengit. Katakan saja MV Agusta yang menghadirkan Dragster 800 dengan ragam penyegaran. Sementara dari versi Jepang, ada Kawasaki Z800 yang juga menjadi rival kuat motor ini.
 
MT-07 (2014)
MT-07 merupakan motor sport yang menawarkan keseimbangan antara kesenangan luar biasa dalam berkendara dan nilai biaya yang efisien. Hadir dengan desain yang lebih stylish dan ramping serta mesin berkapasitas 689 cc in-line 2 silinder, menjadikan motor ini lebih lincah.
 
Nongol dengan mesin dua silinder, motor ini berhadapan langsung dengan rival terkuatnya seperti Kawasaki ER-6N, Honda CB650 dan beberapa lagi yang lain.
 
MT-09 Tracer (2015)
Tipe ini adalah model paling sporty, gesit dan nyaman yang dimiliki oleh keluarga MT. Pengembangannya didasarkan atas konsep 'Sporty Multi-use Bike', sehingga memungkinkan motor tersebut dapat mendukung segala jenis gaya berkendara di berbagi kondisi.
 
Menggunakan paket mesin serta sasis yang dimiliki oleh MT-09 namun dengan sedikit sentuhan perubahan yang disesuaikan dengan nomenklaturnya sebagai motor multi-fungsi.
 
MT-03 & MT-25 (2015)
Didasarkan atas konsep pengembangan bernama 'Street Cheetah', model-model ini menonjolkan beberapa keunggulan yaitu ringan, lincah dan mampu bekerja secara maksimal saat digunakan di area perkotaan.
 
Karakter yang dimiliki motor juga menawarkan kemudahan untuk penggunaan sehari-hari yang dikemas dengan gaya agresif yang mampu merefleksikan kecanggihan, kecepatan, dan ketangkasan laiknya seekor cheetah. Yamaha membekali MT-03 dan MT-25 pada bagian dapur pacu dengan mesin DOHC in-line 2 silinder berkapasitas 321cc (MT-03) dan 250cc (MT-25).
 
Di kelas ini, Kawasaki Z250 dipastikan jadi rival terkuatnya. Pun demikian dengan KTM Duke 200 atua Duke 390.
 
MT-10 (2015)
MT-10 merupakan flagship dan penghuni top of pyramid dari keluarga MT series yang muncul pertama kali pada gelaran EICMA Show di Milan, Italia. Masih menggunakan mesin Crossplane Crankshaft berkapasitas 998 cc dengan rangka aluminium delta box.
 
Motor ini juga turut menghadirkan keserbagunaan seperti MT-09 TRACER berkat beragam teknologi yang diusungnya. Dengan berbagai atribut yang dimiliki oleh roadster unik dari Yamaha ini, maka sangatlah pantas jika MT-10 diberi label sebagai "The King of MT."
 
MT-15 (2018)
MT-15 merupakan model teranyar dari keluarga MT series yang baru beberapa waktu lalu diperkenalkan kepada publik Indonesia oleh pembalap Yamaha MotoGP yaitu Valentino Rossi. Memiliki tampilan desain lebih sangar dengan karakter agresif khas keluarga MT, terutama pada bagian wajah motor yang sudah mengadopsi teknologi Projector LED.
 
Body motor dibuat lebih padat dan berotot, namun tetap kompak sehingga memungkinkan motor bermanuver dengan lebih lincah. MT-15 telah dilengkapi pula dengan suspensi Up Side Down yang efektif meningkatkan handling dalam berkendara. Untuk urusan dapur pacu, motor ini telah dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc yang dilenngkapi dengan teknologi VVA.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif