medcom.id, Bogor: Suzuki GSX-R150 diluncurkan saat gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), November 2016. Selang dua bulan, tepatnya pada 26 Januari 2017, 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar sesi Media First Ride terhadap GSX-R150 di Sirkuit Sentul, Bogor. Metrotvnews.com turut ambil bagian dalam acara ini.
Dimensi motor ini terlihat mungil. Makin terasa ketika sudah duduk di atasnya. Meski begitu, motor ini bukan yang termungil di kelasnya.
Panjang GSX-R150 2.020mm, lebar 700mm, tinggi 1.075mm. Sedangkan para kompetitor seperti Honda All New CBR150R memiliki dimensi 1.983mm (P) x 694mm (L) x 1.038mm (T). Sementara itu, All New R15 1990mm (P) x 725mm (L) x 1.135mm (T).
Bentuk tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter sangat kecil. Hal ini membuat posisi paha tidak perlu membuka lebar.
Posisi ketinggian jok dari tanah jadi yang paling rendah. Sangat nyaman untuk rider berpostur 164-172 cm sebab kaki menapak mulus.
Posisi setang underyoke atau di bawah segitiga atas membuat posisi riding jadi merunduk. Untungnya, kombinasi posisi jok dan pijakan kaki yang pas membuat motor ini tetap nyaman ketika digunakan.
Lantaran menggunakan Keyless Ignition System, pengguna jadi harus memerhatikan cara menghidupkan mesin. Cukup tekan sekali tombol starter dan dinamo starter akan aktif sampai mesin hidup.
Unit tes yang disediakan dalam kondisi standar. Namun ban sudah pakai ban slick IRC Fasti 1, spion dan sepakbor belakang dilepas. Hal itu disebabkan motor ini juga digunakan untuk seleksi 15 pembalap Suzuki Asian Challenge 2017.
Sesi tes Suzuki kali ini sampai lima lap. Metrotvnews.com ikut dua sesi. Namun ada satu sesi mencapai tujuh lap. Total 12 lap kami lewati di sirkuit Sentul sepanjang 3,9 kilometer ini.
Memasuki lintasan sirkuit, performa putaran bawah lebih dari cukup untuk sekadar penggunaan dalam kota. Mesin DOHC, 150cc, pendingin cairan ini mampu merespons dengan cepat buka tutup selongsong gas.
Handling pun terasa mantap. Motor ringan dan nurut dikendalikan. Khususnya saat melibas tikungan cepat macam S1, S2 dan S besar Sentul. Pergerakan tubuh rider tidak sulit saat melibas dua tikungan awal sirkuit dalam kecepatan tinggi.
Ayunan suspensi teleskopik di depan agak keras. Sedangkan belakang masih terbilang empuk. Alhasil, masih ada sedikit gejala ngayun di bagian belakang saat melibas tikungan S kecil Sentul. Sedangkan ban depan anteng meredam permukaan aspal sirkuit yang banyak terkelupas.
Ban akan terasa sedikit slide saat down shift dengan cepat. Terutama saat masuk tikungan S kecil. Ini karena GSX-R150 belum dilengkapi slipper clutch seperti All New R15.
Kami merasa keseruan memuncak saat melibas trek lurus sepanjang 900 meter. Sebab motor stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Top speed yang mampu diraih mencapai 144 km/jam. Malah ada yang mencoba sampai 150 km/jam.
Dengan limiter yang berada di 13.000 rpm, motor justru terasa lebih narik ketika rpm menunjuk ke angka 11.000-12.000 rpm.
Meski begitu, kekurangan tetap ada. Posisi jok pembonceng menghalangi bokong ketika merunduk di balik windshield. Bentuk tangki yang ramping tapi tinggi juga kurang nyaman. Agak menghalangi dagu helm. Namun untuk yang satu ini masih dimaklumi karena posisi berkendara seperti itu jarang dilakukan saat dipakai harian.
Secara kesimpulan, GSX-R150 diprediksi akan mampu berbicara cukup banyak di pasaran. Terlebih harganya paling kompetitif.
Data Spesifikasi GSX-R150
Panjang X Lebar X Tinggi: 1,975 x 670 x 1,070 mm
Berat Kosong: 126 kg
Jarak Terendah Ke Tanah: 150 mm
Tinggi Jok: 785 mm
Wheelbase: 1,300
Tipe Mesin: Water-cooled, 4-stroke
Volume Silinder: 147.3
Sistem Suplai Bahan Bakar: Fuel Injection
Gigi Transmisi: 6-speed
Power maksimum: 18,9 hp
Torsi maksimum: 14 Nm
Rem Depan: disc
Rem Belakang: disc
medcom.id, Bogor: Suzuki
GSX-R150 diluncurkan saat gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), November 2016. Selang dua bulan, tepatnya pada 26 Januari 2017, 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar sesi Media First Ride terhadap GSX-R150 di Sirkuit Sentul, Bogor.
Metrotvnews.com turut ambil bagian dalam acara ini.
Dimensi motor ini terlihat mungil. Makin terasa ketika sudah duduk di atasnya. Meski begitu, motor ini bukan yang termungil di kelasnya.

Panjang GSX-R150 2.020mm, lebar 700mm, tinggi 1.075mm. Sedangkan para kompetitor seperti Honda All New CBR150R memiliki dimensi 1.983mm (P) x 694mm (L) x 1.038mm (T). Sementara itu, All New R15 1990mm (P) x 725mm (L) x 1.135mm (T).
Bentuk tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter sangat kecil. Hal ini membuat posisi paha tidak perlu membuka lebar.

Posisi ketinggian jok dari tanah jadi yang paling rendah. Sangat nyaman untuk
rider berpostur 164-172 cm sebab kaki menapak mulus.
Posisi setang underyoke atau di bawah segitiga atas membuat posisi
riding jadi merunduk. Untungnya, kombinasi posisi jok dan pijakan kaki yang pas membuat motor ini tetap nyaman ketika digunakan.

Lantaran menggunakan Keyless Ignition System, pengguna jadi harus memerhatikan cara menghidupkan mesin. Cukup tekan sekali tombol starter dan dinamo
starter akan aktif sampai mesin hidup.
Unit tes yang disediakan dalam kondisi standar. Namun ban sudah pakai ban slick IRC Fasti 1, spion dan sepakbor belakang dilepas. Hal itu disebabkan motor ini juga digunakan untuk seleksi 15 pembalap Suzuki Asian Challenge 2017.
Sesi tes Suzuki kali ini sampai lima lap. Metrotvnews.com ikut dua sesi. Namun ada satu sesi mencapai tujuh lap. Total 12 lap kami lewati di sirkuit Sentul sepanjang 3,9 kilometer ini.

Memasuki lintasan sirkuit, performa putaran bawah lebih dari cukup untuk sekadar penggunaan dalam kota. Mesin DOHC, 150cc, pendingin cairan ini mampu merespons dengan cepat buka tutup selongsong gas.
Handling pun terasa mantap. Motor ringan dan
nurut dikendalikan. Khususnya saat melibas tikungan cepat macam S1, S2 dan S besar Sentul. Pergerakan tubuh
rider tidak sulit saat melibas dua tikungan awal sirkuit dalam kecepatan tinggi.
Ayunan suspensi teleskopik di depan agak keras. Sedangkan belakang masih terbilang empuk. Alhasil, masih ada sedikit gejala
ngayun di bagian belakang saat melibas tikungan S kecil Sentul. Sedangkan ban depan
anteng meredam permukaan aspal sirkuit yang banyak terkelupas.

Ban akan terasa sedikit
slide saat
down shift dengan cepat. Terutama saat masuk tikungan S kecil. Ini karena GSX-R150 belum dilengkapi slipper clutch seperti All New R15.
Kami merasa keseruan memuncak saat melibas trek lurus sepanjang 900 meter. Sebab motor stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.
Top speed yang mampu diraih mencapai 144 km/jam. Malah ada yang mencoba sampai 150 km/jam.

Dengan limiter yang berada di 13.000 rpm, motor justru terasa lebih
narik ketika rpm menunjuk ke angka 11.000-12.000 rpm.
Meski begitu, kekurangan tetap ada. Posisi jok pembonceng menghalangi bokong ketika merunduk di balik
windshield. Bentuk tangki yang ramping tapi tinggi juga kurang nyaman. Agak menghalangi dagu helm. Namun untuk yang satu ini masih dimaklumi karena posisi berkendara seperti itu jarang dilakukan saat dipakai harian.

Secara kesimpulan, GSX-R150 diprediksi akan mampu berbicara cukup banyak di pasaran. Terlebih harganya paling kompetitif.
Data Spesifikasi GSX-R150
Panjang X Lebar X Tinggi: 1,975 x 670 x 1,070 mm
Berat Kosong: 126 kg
Jarak Terendah Ke Tanah: 150 mm
Tinggi Jok: 785 mm
Wheelbase: 1,300
Tipe Mesin: Water-cooled, 4-stroke
Volume Silinder: 147.3
Sistem Suplai Bahan Bakar: Fuel Injection
Gigi Transmisi: 6-speed
Power maksimum: 18,9 hp
Torsi maksimum: 14 Nm
Rem Depan: disc
Rem Belakang: disc
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(HIL)