All New Ninja 250 lebih ringan 8 kg dari pendahulunya. Medcom/ A. Harry Budiawan
All New Ninja 250 lebih ringan 8 kg dari pendahulunya. Medcom/ A. Harry Budiawan

Test Ride

All New Ninja 250, Lebih Ringan dan Agresif

Ainto Harry Budiawan • 16 Januari 2018 13:56
Jakarta: Akhir pekan lalu  medcom.id mendapat kesempatan menjajal produk anyar dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yakni All New Ninja 250. Motor ini dikenalkan pada November 2017 di acara Kawasaki Bike Week.
 
Bertempat di Sirkuit Sentul, Bogor, Kawasaki menyiapkan sejumlah unit untuk menemani jurnalis otomotif di lintasan sepanjang 3,9 km tersebut. Tentu menarik karena motor ini adalah pelopor di kelasnya.
 
Impresi pertama jelas motor ini jauh lebih modern. Tampilan bodinya punya banyak sudut tajam, kesan agresif makin kuat dengan bentuk lampu utama yang seakan menatap tajam.
All New Ninja 250, Lebih Ringan dan Agresif
Lekuk fairing pun berganti, berikut kisi lubang udara yang mampu membuang hawa mesin lebih baik. Desain buritan kian sporty dengan sudut lancip dan lampu ala Ninja ZX-10R. 

Ninja 250 punya ukuran 1.990 mm x 710 mm x 1.120 mm (PxLxT). Bobotnya hanya 167 kilogram, memang bukan yang teringan karena ada CBR250RR yang 165 kilogram. Tapi angka ini turun 8 kilogram dari Ninja 250 sebelumnya.
 
Menjelajah sektor kaki-kaki, tak ada suspensi upside down maupun lengan ayun alumunium seperti halnya Honda CBR250RR. Tapi rangka motor ini punya desain baru, yang terinspirasi dari Ninja H2.
All New Ninja 250, Lebih Ringan dan Agresif
Duduk di atasnya, posisi setang masih tinggi dan badan tak terlalu membungkuk. Ninja 250 baru ini tak mau latah pakai setang model underyoke yang kurang nyaman digunakan harian.
 
Busa jok terasa lebih tebal dan empuk, dipakai harian tak membuat bokong cepat panas. Memandang panel instrumen, punya desain mirip Versys-X 250.
 
Memutari sirkuit sebanyak tiga putaran memang jauh dari cukup alias kurang. Namun impresi yang kami rasakan motor ini terbilang ringan, motor mudah dipakai zig-zag sembari kami memanaskan ban.
All New Ninja 250, Lebih Ringan dan Agresif
Memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi motor agak limbung, suspensi terasa empuk, apalagi permukaan trek banyak bumpy. Tapi efeknya untuk harian akan nyaman, ditambah feeling motor yang sangat ringan.
 
Soal performa mesin, putaran bawah mirip-mirip dengan kompetitornya, CBR250RR maupun YZF-R25. Namun saat jarum takometer melewati angka 5.000rpm, tenaga terus ngisi hingga putaran atas.
 
Nafas mesin seolah tak putus hingga menyentuh limiter diangka 14.000 rpm. Topspeed yang diraih mencapai angka 174km/jam, cukup untuk motor yang masih standar.
 
Dalam keterangannya Kawasaki juga mengubah ukuran airbox menjadi lebih besar, serta memindahkan posisinya. Pasokan udara lebih besar dan mudah masuk ruang mesin.
All New Ninja 250, Lebih Ringan dan Agresif
Untuk mesin ini, Ninja 250 memadukan piston piston 62mm dan stroke 41,2mm. Tenaga mesin mencapai 38,4 daya kuda dengan torsi dengan 23,5 Nm. Data berdasarkan spesifikasi pabrikan.
 
Memasuki tikungan tak ada gejala ban belakang geser ketika shiftdown dengan cepat. Mesin sudah dilengkapi Assist & Slipper Clutch. Apalagi unit yang kami pakai adalah tipe ABS.
 
Selain limbung saat dipakai menikung melibas high speed corner, kendala lain adalah kaki kanan akan mudah bersentuhan dengan knalpot. Utamanya saat menikung kekanan, tak ada lekukan khusus seperti knalpot CBR250RR.
 
Secara keseluruhan, All New Ninja 250 paling pantas dimiliki dan digunakan harian. Soal harga, Anda bisa menebusnya dengan nominal antara Rp61,9 juta dan termahal Rp71,9 juta.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan