Mengenal jenis busi pada sepeda motor. Bmwtechtips
Mengenal jenis busi pada sepeda motor. Bmwtechtips

Produk Otomotif

Mengenal Lima Jenis Busi untuk Sepeda Motor

Otomotif motor
M. Bagus Rachmanto • 19 Januari 2017 11:53
medcom.id, Jakarta: Busi menjadi salah satu kompoen yang menunjang kinerja mesin agar bisa menyala dan bekerja. Dengan peran penting seperti itu, tak ada salahnya jika kita mengenal ragam jenis busi yang biasa dipakai di sepeda motor.
 
"Pemilihan busi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan. Dengan begitu akan lebih optimal untuk kinerja mesin,' kata Yosi, pemilik bengkel sepeda motor Bengbrand, kepada Metrotvnews.com, di Bekasi, Rabu (19/1/2017).  
 
Busi Standar
Busi standar adalah busi bawaan motor dari pabrikan. Ujung elektroda busi standar terbuat dari bahan nikel, dengan diameter center elektroda rata-rata 2,5 cm. Usia pakai busi ini mencapai 20 ribu km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Busi Iridium
Busi jenis ini juga disebut dengan busi semi kompetisi. Busi ini banyak digunakan di  sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 150 cc. Ciri fisik busi iridium memiliki diameter elektroda 0,6 mm-0,8 mm. Bagian ujung elektroda terbuat dari nikel. Sedangkan tengah elektroda terbuat dari iridium alloy berwarna platinum buram. Usia pakainya mencapai 50 ribu-70 ribu km.
 
Busi Platinum
Jika Anda penyuka touring, biasanya akan lebih menyukai jenis busi platinum. Hal ini dikarenakan umur busi mencapai 30 ribu km. Jadi, sangat cocok untuk menempuh jarak jauh. Busi ini mempunyai diameter center elektroda 0,5 mm- 0,8 mm. Sementara itu, ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode terbuat dari platinum.
 
Busi Resistor
Busi Resistor memiliki ciri fisik berlogo R di bagian bodi. Huruf R di busi tersebut kerap kali diartikan 'racing'. Padahal arti R sebenarnya adalah Resistor yang berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik digital, seperti speedometer. 
 
Busi Racing
Busi Racing punya desain berbeda. Busi ini memiliki diameter center elektroda yang kecil dan meruncing seperti jarum. Jenis ini dirancang khusus menggunakan bahan/material yang tahan terhadap kompresi dan temperatur mesin yang tinggi. Usia pakai mencapai 20 ribu km.
 
(HIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif