Ilustrasi. MI
Ilustrasi. MI

Tips Ringan Rawat Motor di Musim Hujan

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 03 Desember 2019 09:01
Jakarta: Musim hujan bukan kendala untuk berkendara motor. Dengan perawatan yang sederhana dapat membuat pemilik tetap nyaman menggunakan motor saat hujan, dengan melakukan beberapa hal, kondisi motor juga dapat terus nyaman dengan kondisi yang baik.
 
Bukan rahasia lagi, jika musim hujan jadi salah satu masalah daalam berkendara apalagi bermotor. Tak jarang pula usai hujan di beberapa daerah meninggalkan banjir atau juga genangan air. Buat pengendara sepeda motor baiknya jangan memaksakan untuk melewati genangan air atau juga banjir.
 
Technical Service Function (TSF) Wahana Honda menjelaskan bahwa sepeda motor bukanlah kendaraan yang diciptakan untuk melewati air. Kemudian resiko kecelakaan pun juga semakin besar karena jalanan tertutup oleh air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika terpakasa harus menerobos genangan air Anda wajib perhatikan hal ini. Perhatian tinggi air, jika tinggi air tidak melebihi as roda berarti masih aman.
 
Selain itu pengendara juga harus menjaga kecepatan secara konstan dan perjalan ketika menerjang banjir. Teknik ini dilakukan supaya cipratan air tidak masuk ke dalam mesin.
 
Wajib diperhatikan dimana katup hisap udara. Kalau air sampai masuk ke dalam, bisa terjadi water hammer dan mesin bisa pecah.
 
Jikalau terpaksa untuk melewati genangan air, ada baiknya memperhatikan beberapa hal. Terutama memperkirakan ketinggian air. Namun untuk menghindari ketidaknyamanan, Technical Service Function Wahana Honda berbagi tips sederhana yang dilakukan untuk merawat motor sendiri, terutama saat musim hujan dan bagi motor yang sehabis menerobos genangan air atau banjir.
 
Jika cuaca dingan dan lembab, panaskan mesin secukupnya sebelum jalan. Kemudian jika terjebak banjir, cek kondisi oli mesin apakah tercampur air. Jika warna oli berubah, segaera mengganti oli dengan yang baru. Cek kondisi filter udara, jika basah Anda wjib mengeringkan. Jika ada air yang masuk dan tertinggal dalam knalpot, lakukan engkol mesin dengan kontak off.
 
Bagi anda yang menerobos genangan air wajib memperhatikan kampas rem. Bersihkan kampas agar pengereman motor tetap optimal, Untuk menghindari karat, minimal siram bodi dengan air setelah terkena hujan atau banjir.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif