Asuransi Astra perkuat strategi pemasaran produknya dengan cara omni channel atau offline dan online bersinergi. medcom.id/Ahmad Garuda
Asuransi Astra perkuat strategi pemasaran produknya dengan cara omni channel atau offline dan online bersinergi. medcom.id/Ahmad Garuda

GIIAS 2019

Trik Omni Channel, Andalan Baru di Bisnis Asuransi Otomotif

Otomotif giias asuransi kendaraan GIIAS 2019
Ahmad Garuda • 27 Juli 2019 10:02
Jakarta: Persaingan asuransi kendaraan yang semakin ketat, ditambah pengawasan dan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan, menuntut perusahaan asuransi di segmen ini harus kreatif. Era digitalisasi pun jadi jalan lain untuk dimanfaatkan, seperti yang dilakukan Asuransi Astra.
 
Meski demikian, dalam asuransi kendaraan, digitalisasi juga tidak membuat semua konsumen percaya diri untuk melakukannya. Apalagi biaya asuransi untuk kendaraan itu rata-rata di atas Rp3 jutaan. Perubahan pola perilaku pelanggan pun tidak bisa dihindari.
 
“Masing-masing dari kita pasti punya banyak pertimbangan sebelum membeli kendaraan dan juga mengasuransikannya. Bagi beberapa orang, sistem digitalisasi asuransi kendaraan mungkin untuk pelanggan yang melanjutkan asuransi sebelumnya. Tapi bagi yang baru akan mengambil aplikasi, biasanya akan datang langsung ke Garda Center," ujar CEO Asuransi Astra, Rudy Chen di press room Astra Financial, di BSD City pada Jumat (26/7/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan kalau dulu pelanggan mau tahu harga premi asuransi untuk mobilnya, harus datang ke cabang atau Garda Center. Artinya mereka harus datang ke Garda Center dan itu kurang praktis. Kini mereka pun bisa melakukannya di website dan asisten virtualnya.
 
Uniknya, saluran pembelian secara online tersedia, namun masih banyak juga yang membutuhkan informasi produk secara langsung karena ingin bertemu dan merasakan layanan secara langsung.
 
“Beberapa pelanggan terutama yang baru pertama kali menggunakan asuransi otomotif, ingin langsung datang ke jaringan kami dengan melihat personel asuransi dan mendapatkan layanan secara langsung, mereka meyakinkan diri bahwa asuransi yang dipilih benar-benar sudah tepat.”
 
Dari fenomena inilah Asuransi Astra mulai masuk lebih dalam ke sistem yang mensinergikan antara sistem online dan offline Pendekatan metode penjualan melalui multi-channel yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang terintegrasi atau disebut dengan omni channel ini pun jadi pilihan.
 
“Kami rasa strategi omni channel merupakan cara yang paling tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan saat ini. Sementara di sisi lain kami juga mempersiapkan bisnis kami agar dapat dinikmati dari awal hingga akhir murni secara online sebagai persiapan diri untuk tantangan bisnis yang akan datang.”
 
Strategi omni channel ini tentu akan ukup efektif lantaran belum semua orang merasa nyaman menggunakan platform digital untuk berasuransi otomotif. Juga sebagai trik untuk menyiapkan strategi selanjutnya yang lebih efektif.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif