Motor Baru

New Yamaha R25, Tawarkan Desain Baru dan Up-side Down

Ahmad Garuda 12 Oktober 2018 14:30 WIB
motor baruyamaha
New Yamaha R25, Tawarkan Desain Baru dan <i>Up-side Down</i>
Yamaha luncurkan versi terbaru YZF-R25 dan R3 secara global di Jakarta. Yamaha
Jakarta: Yamaha akhirnya melakukan penyegaran terhadap Yamaha YZF-R25 dan R3 yang mereka lakukan secara global di Jakarta pada Kamis (11/10/2018). Adapun ubahan yang terlihat kasat mata dari motor versi terbaru dari beginner sport Yamaha tersebut adalah dari sisi desain dan suspensi depan.

Desainnya kini punya wajah yang mirip dengan R15 meski sisi dalam fairing kini terlihat lebih padat. Sementara di bagian depan motor ini sudah menggunakan model suspensi upside down untuk membuat tampilannya lebih sporty. Sisi lain yang terlihat ada perubahan adalah bagian lampu yang sudah full LED.

"Yamaha Indonesia adalah satu-satunya produsen R25 dan R3 yang beredar di dunia sejak pertama debutnya di 2014. Kami memenuhi sistem produksi berdasarkan standar global Yamaha dan kontrol kualitas menyeluruh untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi ke seluruh dunia," klaim President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melalui keterangan resminya.

Perbaikan yang dilakukan Yamaha memang tidak menyentuh bagian mesin, mengingat basis mesinnya memang masih up to date. Meski demikian, Yamaha tetap melakukan penyesuaian dari sisi harga jualnya yaitu Rp58,6 juta yang kami kutip di web resmi Yamaha, ada kenaikan sebanyak Rp1,6 juta dibandingkan dengan versi sebelumnya.


Tentu kenaikan ini masih bisa dimaklumi. Mengingat material seperti lampu LED hingga desain dan penggunaan tipe suspensi up side down, membuat perubahannya terlihat cukup banyak.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Honda CBR250RR dan Ninja 250 SE, Yamaha R25 unggul dari banderol harga, alias supersport termurah di kelasnya. Namun dari spesifikasi lainnya, ada beberapa kelemahan yang dimiliki. Termasuk perbedaan tenaga jika dibandingan dengan kedua rivalnya itu.

Spesifikasi:
Mesin

TIPE MESIN     Liquid cooled 4-stroke, DOHC
SISTEM BAHAN BAKAR     Fuel Injection
TIPE KOPLING     Basah, Kopling manual , Multiplat
TIPE TRANSMISI     Constant mesh 6-kecepatan
JUMLAH / POSISI SILINDER     Inline 2-cylinder
DIAMETER X LANGKAH     60,0 x 44,1 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI     11,6 : 1
DAYA MAKSIMUM     26,5kW/12000rpm
TORSI MAKSIMUM     22.6Nm/10000rpm
SISTEM STARTER     Elektrik starter
SISTEM PELUMASAN     Basah
KAPASITAS OLI MESIN  Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L

Dimensi
P X L X T     2090mm X 720mm X 1135mm
JARAK SUMBU RODA     1380mm
JARAK TERENDAH KE TANAH     160mm
TINGGI TEMPAT DUDUK     780mm
BERAT ISI     166 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN     14 Liter

Rangka
TIPE RANGKA     Diamond
SUSPENSI DEPAN     Teleskopik
SUSPENSI BELAKANG     Swing Arm
BAN DEPAN     110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG     140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN     Cakram Hidraulic , Piston Ganda
REM BELAKANG     Cakram Hidraulic, Piston Tunggal

Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN     TCI
BATTERY     GTZ8V
TIPE BUSI     NGK/CR9E



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id