Industri Otomotif

Tak Laku di Indonesia, Suzuki Satria Young Star Laris di Filipina

Ainto Harry Budiawan 11 Agustus 2018 16:15 WIB
suzuki
Tak Laku di Indonesia, Suzuki Satria Young Star Laris di Filipina
Suzuki Satria Young Star diminati di FIlipina. Dok. Medcom
BSD City: Anda ingat motor Suzuki Satria Young Star? Motor ini pernah muncul medio 2015 lalu, dengan model ayam jago layaknya Suzuki Satria F150, namun dengan kubikasi mesin yang lebih kecil.

Motor ini mengusung mesin yang sama dengan Suzuki Smash, bermesin 115 cc. Sayang penjualannya di Indonesia melempem, alias tak laku. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menghentikan penjualan untuk motor tersebut.

Tapi siapa sangka, ternyata motor ini justru masih digemari pasar ekspor, tepatnya Filipina. Di sana motor yang bernama Rider Junior itu masih cukup laris terjual.

"Iya di sana Rider Junior masih digemari, malah penjualannya cukup baik. Untuk Rider 150 (Satria F150) kita juga masih jual yang model karburator, karena pasar Filipina masih bisa menerima itu," kata Ahmad Fauzi, Assistant to Head of 2W Overseas & Marketing SIS di ICE, BSD City beberapa hari lalu.


Ekspor motor pabrikan berlogo S tersebut pada semester pertama 2018 naik 28,5 persen. Jumlah unit yang dikirim mencapai 72.286 unit, dengan 36 negara tujuan mulai dari Asia hingga Eropa.

"2018 target ekspor 151.772 unit, naik 34 persen dari tahun sebelumnya 113.185 unit. Tahun lalu juga naik dari sebelumnya yang 106.604 unit, jadi ekspor naik terus," pungkas Ahmad.

Secara pesaing, motor tak mempunyai pesaing langsung. Lantaran Kawasaki Athlete 125 yang sempat menjadi andalan di segmen ayam jago, juga tak begitu laris. Kapasitas mesinnya pun berbeda dengan Young Star meski sama-sama menggunakan mesin tidur (posisi piston horizontal).



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id