Ricky Brabec unggul di etape keempat. HRC
Ricky Brabec unggul di etape keempat. HRC

Lompatan Besar Brabec, Walkner Terjatuh di Etape-4

Otomotif balap motor yamaha ktm honda motor dakar rally
Ahmad Garuda • 11 Januari 2019 10:00
Peru: Pertarungan para pereli kategori motor di Dakar Rally 2019, semakin seru di etape keempat. Jarak tempuh sejauh 511 km dari Arequipa ke Moquegua menjadi pembuktian Ricky Brabec yang menunggangi Honda CRF450 Rally menjadi yang terbaik. Ia bahkan unggul 6 menit  19 detik dari juara Dakar Rally tahun lalu, Matthias Walkner.

Trek yang menyajikan karakter maraton ini, memang menjadi makanan khas para pereli tim Honda. Karakter jalur cepat dan sistem navigasi yang tak sesulit etape ketiga membuat para pereli bisa lebih fokus di kecepatan motor mereka. Meski awalnya Walkner mampu mengikuti Brabec, namun pada akhirnya pereli asal Austria itu harus rela finis di urutan kedua.

Ia terjatuh tepat 50 km sebelum garis finis etape keempat. Kabar buruknya, saat terjatuh dengan keras, Ia merasakan angkel-nya mengalami masalah dan memprediksi bahwa bagian itu mengalami patah. Alhasil ini membuatnya tampil tak maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Setelah finis, saya melakukan pengecekan, ternyata tidak terjadi masalah. Sekarang rasanya sangat sakit, tapi saya berharap besok sudah lebih enak dan bisa tetap memacu motor hingga balapan ini selesai," ujar Walkner. Sebaliknya dengan Brabec. Pereli asal Amerika yang sempat kehilangan arah karena salah membaca navigasi di etape sebelumnya, bangkit dengan lompatan performa terbaiknya. Ia yang berada di posisi enam klasemen sementara, langsung melonjak ke pemimpin klasemen karena keunggulan waktu tercepatnya di etape keempat.

"Memang saya sudah memaksakan hal ini karena peluangnya memang ada. Kemarin saya kehilangan banyak waktu dan hari ini saya benar-benar memaksimalkan performa motor dan keahlianku. Dengan kemenangan ini, saya bisa lebih mengatur ritme di etape berikutnya. Apalagi karakter treknya menyerupai karakter trek motocross," bangga Brabec.

Hasil etape-4 Dakar Rally 2019 kategori motor:
1. Ricky Brabec, Honda, 3h 40m 30s
2. Matthias Walkner, KTM, +6m 19s
3. Toby Price, KTM, +7m 7s
4. Adrien van Beveren, Yamaha, +13m 29s
5. Sam Sunderland, KTM, +13m 35s +2m (tambahan penalti)

Klasemen sementara Dakar Rally 2019 kategori motor:
1. Ricky Brabec, Honda, 12h33m00s
2. Pablo Quintanilla, Husqvarna, +2m19s
3. Toby Price, KTM, +4m22s
4. Sam Sunderland, KTM, +5m45s
5. Adrien van Beveren, Yamaha, +8m56s


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi