medcom.id, Jakarta: All New Yamaha Byson FI, mendapatkan perubahan besar jika dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan menyeluruh mulai dari desain, teknologi hingga mesin yang terpasang.
Meski demikian, kesan big bike look tetap ada karena memang itulah ciri khas dari motor yang mengusung konsep 'The Most Aggresive Muscular Cruiser' ini.
Desain
Seperti yang telah disebutkan, kesan big bike look masih kental. Apalagi jika bukan berbicara dimensi bodinya yang besar, mulai dari tangki hingga buritan. Tapi kini Yamaha membuatnya lebih berotot dengan tekukan-tekukan pada bodi.
Lihat saja cover tangki bahan bakar yang kini lebih banyak garis dan sudutnya. Bandingkan dengan model lawas yang cenderung membulat. Lalu bodi belakang yang lebih lebar dan tipis.
Bentuk head light pun sedikit berubah dengan cover yang membungkusnya lebih agresif. Tapi sayang, posisi dudukan pelat nomor masih sama, kurang eye catching.
Sedangkan detail panel instrumen kini lebih ringkas dengan bentuk kotak, dan sudah full digital dengan background warna orange. Tidak ketinggalan indikator ECO untuk menandakan berkendara dengan hemat bahan bakar.
Bergeser ke belakang, tail light tetap bertahan berada pada bagian sepakbor. Kini dengan mika clear, jadi lebih modern. Andai kata lampu sein menggunakan milik saudaranya V-Ixion mungkin akan lebih afdhol ya.
Fitur dan Teknologi
Motor yang bersaing dengan Honda New Megapro ini berbekal fitur-fitur yang tidak ada pada pesaingnya tersebut. Seperti suspensi depan dengan diameter 41 mm, panel instrumen full digital dengan fitur ECO yang menyala pada kecepatan 10 hingga 70 kilometer per jam.
Sedangkan kaki-kaki berbekal rem cakram depan dengan diameter besar, pelek lebar 2.50x17 (depan) dan 3.50x17 (belakang), hingga ban yang membungkusnya juga besar, 100/80-17 dan 130/70-17.
Sayangnya rem belakang masih model tromol, belum disc brake seperti kompetitornya.
Jantung pacu motor seharga Rp21 jutaan ini pun benar-benar baru. Yang intinya sudah menganut sistem injeksi bahan bakar, sehingga lebih presisi dan efisien. Sayangnya Throttle body terlalu terlihat, jadi rawan dijahili orang.
Riding Position dan Handling
Feeling berkendara dengan All New Yamaha Byson FI tidak banyak berubah, setang lebar(727mm), posisi foot peg akan mundur dan busa jok yang empuk. Dada pun membuka dan pengendara terlihat gagah di atas motor ini.
Ketinggian jok tetap 790 mm kendati ground clearance motor justru bertambah 10 mm. Secara keseluruhan, memang hampir tidak ada bedanya dengan menduduki Yamaha Byson lawas dan terbaru ini.
Tapi ketika sudah pada posisi berkendara, baru terasa ada yang berbeda. Motor lebih lincah, ini berkat pengurangan bobot hingga tiga kilogram, serta sasis yang sekarang lebih kaku 12 persen.
Sementara kedua suspensi mengayun lembut, meredam guncangan dari jalan tak rata dengan baik. Cocok sekali untuk mereka yang suka touring jarak jauh dan melewati jalan-jalan alternatif.
Performa
Kapasitas mesin pada All New Yamaha Byson FI mengecil dibanding pendahulunya, dari 153 cc menjadi 149,3 cc. Mesin SOHC berpendingin udara ini memadukan piston berukuran 57,3 mm dengan stroke 57,9 mm.
Tenaga puncaknya pun berada diangka 13,06 daya kuda @8.000 rpm, dengan torsi maksimum 12,98 Nm @6.000 rpm, dengan perbandingan kompresi 9,5 : 1.
Wah, performanya akan kurang mantap nih? Ternyata tidak juga. Jika membandingkan keduanya, akselerasi justru lebih responsif Byson FI khususnya pada putaran bawah hingga menengah. Sedang putaran atas cenderut flat.
Top speed pun tidak banyak berubah, tester Metrotvnews.com hanya mampu membuat motor ini mencapai angka 112 kilometer per jam, berdasarkan spidometer.
Kesimpulan
Yamaha tetap mempertahankan karakter dan ciri khas Yamaha Byson generasi sebelumnya pada All New Yamaha Byson FI. Dengan perbaikan performa mesin, motor ini akan memudahkan berakselerasi di dalam kota namun nyaman untuk cruising saat dikendarai dalam perjalanan jarak jauh.
Data Spesifikasi
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
Volume Silinder : 149,3 cc
Diameter x Langkah : 57,3mm x 57,9mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 13,06 /8000 rpm
Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
Dimensi
P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda : 1.340mm
Jarak terendah ke tanah : 170mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 133kg
Kapasitas tangki bensin : 12L
Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : drum brake
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CPR8EA-9
medcom.id, Jakarta: All New Yamaha Byson FI, mendapatkan perubahan besar jika dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan menyeluruh mulai dari desain, teknologi hingga mesin yang terpasang.
Meski demikian, kesan
big bike look tetap ada karena memang itulah ciri khas dari motor yang mengusung konsep 'The Most Aggresive Muscular Cruiser' ini.
Desain
Seperti yang telah disebutkan, kesan
big bike look masih kental. Apalagi jika bukan berbicara dimensi bodinya yang besar, mulai dari tangki hingga buritan. Tapi kini Yamaha membuatnya lebih berotot dengan tekukan-tekukan pada bodi.

Lihat saja cover tangki bahan bakar yang kini lebih banyak garis dan sudutnya. Bandingkan dengan model lawas yang cenderung membulat. Lalu bodi belakang yang lebih lebar dan tipis.
Bentuk
head light pun sedikit berubah dengan
cover yang membungkusnya lebih agresif. Tapi sayang, posisi dudukan pelat nomor masih sama, kurang
eye catching.

Sedangkan detail panel instrumen kini lebih ringkas dengan bentuk kotak, dan sudah
full digital dengan
background warna orange. Tidak ketinggalan indikator ECO untuk menandakan berkendara dengan hemat bahan bakar.
Bergeser ke belakang,
tail light tetap bertahan berada pada bagian sepakbor. Kini dengan mika
clear, jadi lebih modern. Andai kata lampu sein menggunakan milik saudaranya V-Ixion mungkin akan lebih afdhol ya.
Fitur dan Teknologi
Motor yang bersaing dengan Honda New Megapro ini berbekal fitur-fitur yang tidak ada pada pesaingnya tersebut. Seperti suspensi depan dengan diameter 41 mm, panel instrumen
full digital dengan fitur ECO yang menyala pada kecepatan 10 hingga 70 kilometer per jam.
Sedangkan kaki-kaki berbekal rem cakram depan dengan diameter besar, pelek lebar 2.50x17 (depan) dan 3.50x17 (belakang), hingga ban yang membungkusnya juga besar, 100/80-17 dan 130/70-17.

Sayangnya rem belakang masih model tromol, belum
disc brake seperti kompetitornya.
Jantung pacu motor seharga Rp21 jutaan ini pun benar-benar baru. Yang intinya sudah menganut sistem injeksi bahan bakar, sehingga lebih presisi dan efisien. Sayangnya Throttle body terlalu terlihat, jadi rawan dijahili orang.
Riding Position dan Handling
Feeling berkendara dengan All New Yamaha Byson FI tidak banyak berubah, setang lebar(727mm), posisi
foot peg akan mundur dan busa jok yang empuk. Dada pun membuka dan pengendara terlihat gagah di atas motor ini.
Ketinggian jok tetap 790 mm kendati ground clearance motor justru bertambah 10 mm. Secara keseluruhan, memang hampir tidak ada bedanya dengan menduduki Yamaha Byson lawas dan terbaru ini.

Tapi ketika sudah pada posisi berkendara, baru terasa ada yang berbeda. Motor lebih lincah, ini berkat pengurangan bobot hingga tiga kilogram, serta sasis yang sekarang lebih kaku 12 persen.
Sementara kedua suspensi mengayun lembut, meredam guncangan dari jalan tak rata dengan baik. Cocok sekali untuk mereka yang suka touring jarak jauh dan melewati jalan-jalan alternatif.
Performa
Kapasitas mesin pada All New Yamaha Byson FI mengecil dibanding pendahulunya, dari 153 cc menjadi 149,3 cc. Mesin SOHC berpendingin udara ini memadukan piston berukuran 57,3 mm dengan stroke 57,9 mm.
Tenaga puncaknya pun berada diangka 13,06 daya kuda @8.000 rpm, dengan torsi maksimum 12,98 Nm @6.000 rpm, dengan perbandingan kompresi 9,5 : 1.
Wah, performanya akan kurang mantap nih? Ternyata tidak juga. Jika membandingkan keduanya, akselerasi justru lebih responsif Byson FI khususnya pada putaran bawah hingga menengah. Sedang putaran atas cenderut
flat.
Top speed pun tidak banyak berubah,
tester Metrotvnews.com hanya mampu membuat motor ini mencapai angka 112 kilometer per jam, berdasarkan spidometer.
Kesimpulan
Yamaha tetap mempertahankan karakter dan ciri khas Yamaha Byson generasi sebelumnya pada All New Yamaha Byson FI. Dengan perbaikan performa mesin, motor ini akan memudahkan berakselerasi di dalam kota namun nyaman untuk cruising saat dikendarai dalam perjalanan jarak jauh.
Data Spesifikasi
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
Volume Silinder : 149,3 cc
Diameter x Langkah : 57,3mm x 57,9mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 13,06 /8000 rpm
Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
Dimensi
P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda : 1.340mm
Jarak terendah ke tanah : 170mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 133kg
Kapasitas tangki bensin : 12L
Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : drum brake
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CPR8EA-9
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)