Honda Genio 110. Medcom.id/Ahmad Garuda
Honda Genio 110. Medcom.id/Ahmad Garuda

Honda Rilis Genio 110, ‘Gragas’ di Segmen Skutik Mesin Kecil

Otomotif motor baru
Ahmad Garuda • 21 Juni 2019 15:44
Jakarta: Persaingan di segmen skuter otomatis yang semakin ketat, membuat beberapa pabrikan harus putar otak untuk membuat produk terbaru. Tak terkecuali Honda yang sangat dominan di segmen skuter matik kapasitas mesin kecil. Bahkan hari ini Jumat (21/6/2019), mereka merilis motor terbarunya yaitu Genio.
 
Dilihat dari spesiffikasinya, tentu banyak yang mempertanyakan, lantaran kapasitas mesinnya masih menggendong mesin 110 cc. Namun Honda rupanya tak habis ide, lantaran fitur, lalu teknologi yang disematkan di motor tersebut cukup baru. Bahkan dengan tetap memainkan kapasitas mesin 110 cc, mereka tak punya lawan dari Yamaha yang selama ini jadi rival terbesar mereka.
 
Identitas motor ini ditandai dari desainnya yang casual dan bodinya yang kompak, sesuai untuk generasi muda. Skutik ini juga dibekali generasi terbaru mesin eSP 110 cc yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal.
Honda Rilis Genio 110, ‘Gragas’ di Segmen Skutik Mesin Kecil
Didukung penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi frame baru Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia ini membuatmotor ini dilaim lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


”Ada tiga konsep yang membuat motor ini berbeda. Desainnya casual dan fashionable sesuai tren generasi muda saat ini. Ukuran bodi yang compact, cocok untuk pria maupun wanita serta kondisi jalan yang padat. Performa serta ragam fiturnya lengkap sesuai yang diharapkan konsumen. Semua itu dibungkus dengan harga yang terjangkau,” kata President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Toshiyuki Inuma.
 
Desain dan Teknologi
Tampilan motor ini diklaim fashionable. Secara keseluruhan, sepeda motor ini terlihat simpel dan casual. Dimensi compact, ideal untuk pengendaraan di padatnya lalu lintas. Jarak jok dengan tanah 740 mm mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan step floor yang luas.
 
Teknologi lampu depan Honda Genio sudah menggunakan LED, dipadu lampu belakang stylish, serta lampu sein terpisah di bagian cover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal.
Honda Rilis Genio 110, ‘Gragas’ di Segmen Skutik Mesin Kecil
Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.
 
Honda Genio dibekali fitur-fitur penunjang, menyesuaikan kebutuhan pengguna seperti ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter untuk menyimpan barang kebutuhan harian dalam berkendara. Di dalam bagasi juga disiapkan power charger untuk mengisi ulang baterai gadget bagi generasi muda masa kini yang sering menggunakan gadget.
 
Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis. Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna.
 
Mesin dan Teknologi
Motor ini menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Dengan desain stroke yang lebih panjang, membuat puntiran tenaganya lebih besar saat berakselerasi.
 
Skutik baru ini diklaim mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.
Honda Rilis Genio 110, ‘Gragas’ di Segmen Skutik Mesin Kecil
Performa mesin didukung dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda yang pertama kali digunakan untuk kendaraan roda dua di Indonesia. Frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding.
 
Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka baru ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.
 
Jika dibandingkan dengan Suzuki Address yang jadi pesaing terdekatnya saat ini, Honda terlihat lebih mendominasi dari sisi teknologi dan fitur. Sementara kapasitas bagasi, masih lebih unggul Address.
 
Total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan trend generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta) ini tersedia dalam lima warna, putih biru, merah, hitam, hitam merah, dan silver. Sementara tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp 17,7 juta (On The Road Jakarta), tersedia dalam enam pilihan warna, yakni hitam merah, putih biru, putih merah, putih, hitam, dan hitam fabulous sebagai varian spesial.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif