Motor mungil dengan mesin motor bebek 125 cc. MTVN/ A. Harry Budiawan
Motor mungil dengan mesin motor bebek 125 cc. MTVN/ A. Harry Budiawan

Test Ride

Jajal Motor Kawasaki Z125 Pro, si Imut yang Agresif

Ainto Harry Budiawan • 27 Februari 2016 07:56
medcom.id, Jakarta: Seusai meluncurkan Kawasaki Z125 Pro, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memberikan kesempatan menjajal motor berdimensi imut ini. Sirkuit Pit Stop Karting, Pantai Indah Kapuk, Jakarta sepanjang 400-an meter jadi lokasi pengujian.
 
Soal tampilan, inilah motor imut dengan desain paling gahar. Garis desainnya turunan dari Z Series yang serba tajam dan berotot. Motor ini siap mendampingi KSR, yang punya tampilan lebih kearah KLX Series.
Jajal Motor Kawasaki Z125 Pro, si Imut yang Agresif
Motor ini dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni. Sebut saja desain lampu depan agresif, lampu belakang dengan pola huruf Z, knalpot underbelly, spidometer digital hingga desain tangki bahan bakar kekar.
Jajal Motor Kawasaki Z125 Pro, si Imut yang Agresif
Belum lagi fitur lain yang membentuk performa secara keseluruhan seperti suspensi depan upside-down, suspensi belakang monosok dengan off-set layout, rem cakram depan-belakang, lalu pelek 12 inci dibalut ban 100/90-12 dan 120/70-12.
 
Sudah cukup mengamati, sekarang lanjut duduk di atasnya. Motor terasa berukuran mini, namun tak semini pocket bike. Masih proporsional dikendarai rider berpostur 172 cm dengan bobot 65 kilogram.
Jajal Motor Kawasaki Z125 Pro, si Imut yang Agresif
Non aktifkan engne cut off, tekan tombol starter dan suara dari mesin 125 cc terdengar. Meski mesinnya 'tiduran', tapi pola pengoperan gigi layaknya motor sport. Belum lagi kopling tangan memudahkan pengendara untuk bermain-main dengan motor ini.

Setang dan motor terasa ringan digerakkan saat dipakai melahap tiap tikungan-tikugan yang ada. Meski imut, sikut dan dengkul tak sampai bersentuhan saat melakukan manuver, makanya disebut proporsional.
Jajal Motor Kawasaki Z125 Pro, si Imut yang Agresif
Trek lurus yang seadanya hanya cukup sampai gigi tiga saja, kecepatan yang diraih pun tak bisa tinggi. Padahal spesifikasi mesinnya lumayan, mampu muntahkan tenaga 9,6 daya kuda / 8.000 rpm dan torsi 9,2 Nm / 6.500 rpm.
 
KMI sendiri mendatangkan motor ini dari Thailand hanya tipe kopling, jadi tidak ada dua versi seperti di negara asalnya Thailand. Di sana ada Z125 versi standar tanpa kopling tangan.
 
Sejatinya harga resmi motor ini diangka Rp30,9 juta. Namun sampai bulan Juli nanti, harga yang dipasang adalah Rp29,8 juta (on the road Jakarta). Cukup tinggi juga ya harganya.
 
Data Spesifikasi
Dimensi: 1.700 mm (P) x 740 mm (L) x 1.005 mm (T)
Sumbu roda: 1.175 mm
Tinggi jok: 780 mm
Berat: 101 kg
Tangki: 7,4 liter
Tipe mesin: 4-tak SOHC 2 klep, pendingin udara
Diameter x langkah: 56 mm x 50,6 mm
Rasio Kompresi: 9,8:1
Sistem bahan bakar: Injeksi
Tenaga: 9,6 Hp @8.000 rpm
Torsi: 9,2 Nm @6.500 rpm
Ukuran ban: 100/90-12 dan 120/70-12.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan