Motor tiga roda Gelis. Dok. Istimewa
Motor tiga roda Gelis. Dok. Istimewa

Industri Otomotif

Rangsang Pertumbuhan Kendaraan Listrik Lewat Ajang Modifikasi

Otomotif industri otomotif motor listrik
M. Bagus Rachmanto • 18 Juli 2020 14:10
Jakarta: Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dipercaya bakal berkembang dalam beberapa waktu ke depan. Namun perlu dukungan semua pihak dalam merangsang pertumbuhan kendaraan jenis ini, termasuk adanya ajang pameran otomotif dan kompetisi.
 
Menarik, kabar teranyar datang dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang mengadakan “Gelis Tuner Competition” atau kompetisi modifikasi kendaraan listrik toda tiga merek Gelis. Ajang ini akan berlangsung dalam gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, pada 10 Oktober mendatang. 
 
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan ajang ini merupakan wujud dari implementasi percepatan kendaraan listrik di jalan raya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gelis yang 100 persen berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai merupakan implementasi amanah Perpres 55 Tahun 2019 untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya," ujar Putu. 
 
Tiga modifikator terbaik Indonesia akan ikut berkompetisi untuk merombak kendaraan roda tiga listrik Gelis yang merupakan singkatan dari Gerobak Listrik. 
 
Beberapa modifikator yang akan bersaing antara lain Yoong Sugianto (Yoong Motor Group), Aldhy Rais (HSR Wheels), dan Marco Chendra (Raptor Indonesia). "Kemarin kami sudah melakukan serah terima, menyerahkan tiga motor Gelis kepada ketiga modifikator dari Kemenperin," kata Project director IMX, Andre Mulyadi dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/7/2020). 
 
Ketiga modifikator masing-masing menerima sebuah kendaraan listrik roda tiga Gelis jenis DC motor 800W beberapa waktu lalu dan uang biaya modifikasi Rp 15 juta. 
 
Persyaratan utama adalah modifikasi itu mengedepankan fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik. 
 
Hasil modifikasi akan diluncurkan pada Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Hybrid Event pada 10 Oktober 2020 untuk memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI. 
 
Kegiatan ini juga bertujuan untuk memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) namun tetap mengedepan kendaraan ramah lingkungan dan produk dalam negeri tentunya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif