Honda PCX Electric. Honda
Honda PCX Electric. Honda

Industri Otomotif

2 Hal yang Buat Motor Listrik Sulit Laku Di Indonesia

Ekawan Raharja • 20 September 2022 09:00
Jakarta: Beberapa tahun ke belakang ini semakin banyak sepeda motor listrik yang ada di pasar otomotif nasional. Meski demikian, keberadaan motor listrik ini masih belum mendapatkan apresiasi yang positif dari pasar secara keseluruhan.
 
Dilansir data Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI), dalam lima tahun terakhir penjualan motor rata-rata berada di angka 5.494.960 unit. Capaian tertinggi terjadi pada 2019, ketika itu penjualan motor tembus 6.487.460 unit. Sedangkan perolehan terendah terjadi pada 2020 sebanyak 3.660.616 unit.
 
Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepedamotor Indonesia, Hari Budianto, memperkirakan populasi sepeda motor listrik per September 2022 sampai puluhan ribu unit. Dia menyebutkan sampai data per Juli 2022 saja, populasi sepeda motor listrik sudah mencapai 19.024 unit.
 
“Kita datanya dari teman-teman Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), dari  Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli). Jadi kita tekniknya adalah melihat registrasi dari SRUT yang diterbitkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” kata Hari melalui konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).
 
Hari melihat ada sejumlah hambatan yang membuat sepeda motor listrik belum mendapatkan penerimaan yang maksimal. Mulai dari insentif yang diberikan belum maksimal.
 
“Di luar negeri, itu kan ada subsidinya, kepada produsennya dan juga kepada konsumennya. Di Indonesia, untuk konsumen, itu paling STNK-nya dimurahin 10 persen dari pada motor bakar (ICE)," kata dia.
 
Selain itu, soal harga baterai juga menjadi salah satu kendala terbesar saat ini. Hari berujar, harga baterai ini berkontribusi 40 persen terhadap total harga jual motor listrik.
 
"Baterai ini menentukan, jadi berat dan jadi mahal, karena harga baterai itu kurang lebih di angka USD300 per kWh,” ucap Hari.
 
Dia menyebutkan memiliki motor listrik dengan baterai berdaya 1,2 kWh. Ini berarti harga baterainya berada di kisaran Rp 6 - 7 juta, dan jarak tempuhnya maksimal baru di 60 kilometer.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif