Balap Motor

Impresi Pertama Menjajal Sirkuit Mijen Semarang

Ainto Harry Budiawan 09 Mei 2018 08:28 WIB
balap motor
Impresi Pertama Menjajal Sirkuit Mijen Semarang
Sirkuit Mijen punya layout menarik. Dok. GIJOE
Semarang: Pembalap utama GIJOE Racing Team yang mengalami cedera, menjadi peluang bagi salah satu personel medcom.id yang diberikan kesempatan menjajal Sirkuit Mijen, Semarang, Jawa Tengah akhir pekan lalu. Kesempatan ini didapat saat mengikuti balap motor Indoclub Championship, seri kedua yang memang berlangsung di sana.

Sirkuit Mijen merupakan sirkuit baru yang pendanaannya berasal dari Pemerintah Kota Semarang. Sirkuit ini dibangun dengan luas lahan 5,4 hektar dan panjang lintasan mencapai 1,5 kilometer, dan dilengkapi area untuk drag race.

Sirkuit ini punya 12 tikungan, dan berkarakter rolling speed. Tikungan tajam hanya ada dua berupa U-turn atau istilahnya tusuk konde. Best time yang bisa diraih 58 detik menggunakan Suzuki GSX-R150.

Ya, sirkuit ini diperuntukan untuk balap motor dengan kapasitas tak terlalu besar. Motor sport hingga 250cc masih memungkinkan untuk balapan disini, dan karena layoutnya, balapan pakai motor sport disini tak begitu menguras fisik.

Layout sirkuit yang sudah apik agak tertutupi dengan banyaknya tambalan permukaan trek, khususnya pada tikungan tiga dan empat. Belum lagi adanya kerikil, tanah dan pasir dibeberapa titik. Semoga bisa segera diperbaiki.


Tapi masih dimaklumi, meski sirkuit sudah terbentuk, pembangunannya belum 100 persen rampung. Fasilitas penunjang sirkuit belum seluruhnya ada, seperti paddock, podium, area marshal, waiting zone, pagar pembatas, toilet dan lainnya.

Jelas, kehadiran sirkuit Mijen yang terletak di kawasan Bukit Semarang Baru ini, bisa menjadi pilihan baru untuk para pelaku balap dari sirkuit permanen yang sudah ada sebelumnya, seperti sirkuit Sentul dan Sirkuit Gerry Mang-Subang.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id