Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. Dok MI
Ilustrasi mudik dengan sepeda motor. Dok MI

Mudik Lebaran 2022

Hindari Mudik dengan Sepeda Motor, Ini Resikonya

Otomotif Mudik Lebaran Sepeda Motor kemenhub Mudik Lebaran 2022
Ekawan Raharja • 24 April 2022 14:00

Jakarta: Mudik merupakan salah satu kegiatan yang banyak dinantikan masyarakat Indonesia karena bisa berkumpul bersama keluarga saat lebaran Idulfitri. Meski demikian, sebaiknya para pemudik ini tidak menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.
 
Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suharto, menyebutkan pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Menurutnya resiko kecelakaan sepeda motor saat mudik sangat besar, bahkan 70 persen dari 23 ribu total kasus kecelakaan di tahun 2021 melibatkan sepeda motor.
 
“Sesuai regulasi, sepeda motor adalah alat transportasi untuk jarak pendek. Itu sebabnya, kami mengimbau masyarakat tidak mudik memakai motor,” ujar Suharto dalam webinar Mudik Sehat, Silaturahmi di Era Pandemi yang digelar Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Sabtu (23/4/2022).
 
Suharto menuturkan, tahun ini, jumlah pemudik sepeda motor diprediksi mencapai 16,9 juta orang dari total pemudik 85,5 juta orang, naik 31,5 persen dari 2019. Kendaraan pribadi mendominasi moda transportasi mudik, dengan rincian sepeda motor 16,9 juta dan mobil 22,9 juta, lalu bus 14,1 juta, pesawat 8,9 juta, dan kereta api 7,6 juta.   
 

Manfaatkan Bus Mudik Gratis

Seiring dengan itu, Suharto menyatakan, pemerintah mendorong pesepeda motor mengikuti program mudik gratis menggunakan bus. Adapun sepeda motor bisa diangkut menggunakan truk dan diambil di titik penjemputan. Dengan demikian, pemudik bisa memakai sepeda motor saat berada di kampung halaman. 
 
Dia menegaskan, Kemenhub mengerahkan 686 unit bus dengan kapasitas 20.580 penumpang dan 60 unit truk dengan kapasitas tampung 1.920 unit sepeda motor. Kemenhub juga menyediakan balik gratis dengan 180 unit bus dan 5.400 penumpang serta 32 truk dengan kapasitas tampung 960 unit motor.
 
“Intinya, ada banyak opsi mudik bagi masyarakat di luar sepeda motor. Kalau yang memang membutuhkan sepeda motor, bisa mengangkut barang itu dengan truk, lalu ambil di titik penjemputan,” kata dia. 


 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif