Tren motor custom menghidupi industri custom culture di 2018. SM
Tren motor custom menghidupi industri custom culture di 2018. SM

Kaleidoskop Otomotif 2018

Builder Indonesia Mulai 'Panen' Tahun Ini

Otomotif kontes modifikasi suryanation motorland custom bike
Ekawan Raharja • 18 Desember 2018 16:56
Jakarta: Tren sepeda motor custom di 2018 terus berkembang. Bahkan para builder di Indonesia mengakui kalau mereka pun panen dari skena satu ini.
 
Pemilik Katros Garage, Andi 'Atenx' Akbar, menjelaskan tren motor custom terlihat naik sejak 2008. Saat itu skena sepeda motor custom ramai dengan skutik yang disulap dengan gaya low rider.
 
Sejak saat itu, skena sepeda motor custom terus menanjak perlahan dan terus hidup. Tren ini bertahan cukup lama dikarenakan industri custom culture secara keseluruhan menghidupunnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Builder Indonesia Mulai 'Panen' Tahun Ini
 
"Kamu tahu kenapa ini tetap bertahan dalam waktu delapan tahun ini? karena lingkungan industrinya saling mendukung dan menghidupi," ucap builder yang menjadi langganan keluarga presiden Joko Widodo (Jokowi) di Plaza Senayan beberapa waktu lalu.
 
Dia memberi contoh ketika tren sepeda motor custom meredup, maka dari segi tata busana tetap menghidupinya. Ketika dari segi tata busana meredup, maka aksesoris yang dibuat para pengerajin menghidupinya. Hingga akhirnya ketika semua sedang menurun, maka tren sepeda motor custom kembali hidup.
 
"Semuanya saling mendukung dan saling mengisi. Ini yang membuat tren ini tetap bertahan dan terus berkembang dari waktu ke waktu," ujar pria yang aktif membuat video di Youtube tersebut.
 
Builder Indonesia Mulai 'Panen' Tahun Ini
 
Puncaknya di 2018, Presiden Jokowi dan Anak Sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, keranjingan sepeda motor custom. Efeknya tren sepeda motor kembali hidup dan banyak masyarakat yang ingin juga memiliki sepeda motor custom.
 
Atenx mengakui sejak keluarga Jokowi main sepeda motor custom membuat industri custom semakin menggeliat. Bagi pemilik bengkel juga dirasakan dengan meningkatkanya peminat sepeda motor custom semakin banyak.
 
"Orang nomor satu saja mau custom motor dan kami merasakan kalau efeknya luar biasa," tambah Atenx.
 
Builder Indonesia Mulai 'Panen' Tahun Ini
 
Sayangnya Katros Garage tidak ingin aji mumpung dengan momen ini, dan tetap membatasi produksi karyanya. Dia mematok maksimal tiga motor yang dikerjakan selama sebulan.
 
"Sebenarnya sebulan bisa enam, cuma tiganya untuk berbagai proyek kerja sama dan tiga lagi baru buat konsumen."
 
Efek Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor custom juga rasakan founder Elders Garage, Heret Frasthio, di bengkel miliknya. Bahkan perkembangan ini semakin terasa ketika Jokowi ikut di dunia custom culture menggunakan sepeda motor custom dan juga pakaianannya seperti jaket.
 
Builder Indonesia Mulai 'Panen' Tahun Ini
 
"Seperti salah satu rekan kita tidak pernah berhenti menerima order. Elder ketika bapak (Jokowi) pakai motor, sebulan bisa mengerjakan tiga motor, sebelumnya hanya tiga motor setahun," terang Heret di Kemang Village Jakarta.
 
Dia juga melihat bahwa Jokowi memang paham mengenai kemampuan kerajinan bangsa Indonesia. Diakui orang nomor satu ini sukses membangkitkan semangat para penggiat custom culture.
 
Nah Jokowi saja main sepeda motor custom. Anda tertarik juga?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif