Membangun motor kustom kini semakin diminati. Medcom/ A. Harry Budiawan
Membangun motor kustom kini semakin diminati. Medcom/ A. Harry Budiawan

Tips

Berapa Biaya Untuk Bangun Motor Kustom?

Otomotif modifikasi
Ainto Harry Budiawan • 26 Juli 2018 14:27
Jakarta: Pamor motor kustom saat ini sedang naik daun kembali. Terlebih setelah Presiden Joko Widodo menebus sebuah motor kustom, diikuti beberapa menteri. Terakhir Jokowi membeli motor kustom pada ajang Otobursa Tumplek Blek 2018.
 
Tak heran jika saat ini banyak masyarakat yang tertarik mengkustom kuda besi kesayangannya, untuk dibuat lebih personal. Gaya modifikasi yang klasik macam brat style, tracker, scrambler, Vintage Enduro jadi pilihan.
 
Lalu berapa dana yang harus disiapkan untuk mengkustom sebuah motor?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya biaya tergantung dari bahan-bahan yang digunakan, tapi disini minimal Rp20 juta, dengan menggunakan barang-barang lokal," ujar Arya Jatmika Raharja, owner EAAA Motorshop di Pejaten, Jakarta Selatan.
Berapa Biaya Untuk Bangun Motor Kustom?
Dengan angka tersebut, pemilik motor bisa memilih gaya modifikasi yang diinginkan. "Itu pemilik tidak bisa pilih-pilih barang, tapi kita akan approval dulu dari pemilik sebelum kita pasang," ujarnya.
 
Lain cerita jika sang pemilik motor meminta secara khusus pakai barang merek tertentu, tentu biaya yang harus disiapkan akan lebih membesar. "Misalnya sok pakai Ohlins, ban Metzeller yang sepasang sudah Rp4 juta, itu beda," sambungnya.
 
Beda lagi jika konsumen sekalian minta dicarikan bahan motornya, maka biaya modifikasi diluar harga bahan. "Biasanya kita pakai Yamaha Scorpio, Byson, Honda Tiger bahkan ada Kawasaki Ninja 250 juga," ungkap pria kurus ini.
 
Jika bahan sudah didapatkan dan biaya sudah disetujui, maka proses pengerjaannya rata-rata memakan waktu dua bulan. Tapi jika motor sudah selesai, konsumen akan puas melihat hasilnya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif