Hidupkan Jawa, Ambisi Mahindra di Segmen Motor Klasik
Jawa Moto kembali eksis berkat bantuan Mahindra. Ride Apart
India: Brand motor Jawa adalah brand motor asal Ceko yang sudah eksis sejak 1929. Sejak diambil alih oleh Ideal Jawa India pada 1950-an, mereka akhirnya angkat tangan pada 1996. Namun di tangan Mahindra yang juga produsen kendaraan di India, mereka menghidupkan kembali motor legenda tersebut.

Tepat dua tahun lalu yaitu 2016, Mahindra mulai meriset ulang motor yang akan mereka hidupkan di bawah brand Jawa. Tak main-main, akhir pekan lalu mereka pun meluncurkan tiga varian perdana Jawa setelah mati suri selama kurang-lebih dari 20 tahun.

Dalam proses peluncuran produk yang murni dijalankan oleh Jawa itu, tiga model yang mereka luncurkan adalah The Jawa, Jawa Forty Two dan Perak. Jawa dan Jawa 42 menggunakan mesin dan desain yang sama. Mesinnya berkapasitas 293 cc dengan muntahan torsi sebesar 28 Newton meter.

Namanya motor klasik, Jawa tak membekali sistem elektronik yang canggih dalam pengoperasiannya. Pun demikian dengan fitur-fiturnya. Perbedaan kedua tipe motor tersebut hanya ada di jenis warna. Jawa tersedia dalam tiga warna dan Jawa 42 tersedia dalam enam warna berbeda dari versi Jawa.


Sementara untuk Perak, juga menggunakan mesin yang sama dengan kedua tipe di atas. Hanya saja motor ini menggendong desain tipe Bobber klasik. Meski menggunakan mesin yang sama, namun Jawa melakukan perubahan terhadap besaran bore yang ditungkatkan menjadi 332 cc. Imbasnya adalah tenaga naik jadi 30 daya kuda dan torsi sebesar 31 Nm.

Jika melihat dari sisi desain, Jawa dan Jawa 42 bakal menjadi rival sejati dari Royal Enfield. Mengingat desain klasik seperti ini dan juga dari sisi harga sangat bersinggungan dengan brand asal Inggris yang sepenuhnya diproduksi di India itu. Sementara Perak akan mengakomodir mereka yang ingin versi lain dari motor klasik asal Ceko itu.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id