Ethec, Si Penjelajah Ramah Lingkungan
Ethec diciptakan oleh sejumlah mahasiswa di Swiss. MOTORBIKE WRITER
Swiss: Pengembangan sepeda motor listrik tidak cuma dilakukan oleh produsen-produsen sepeda motor. Bahkan para mahasiswa kini juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan sepeda motor ramah lingkungan tersebut.

Seperti yang dilakukan sejumlah mahasiswa dari Swiss menciptakan sepeda motor bernama Ethec. Sepeda motor ini di desain dengan gaya cruiser dan tentunya ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya.

Para mahasiswa ini menggunakan dua motor listrik, masing-masing satu motor listrik di setiap rodanya. Meski demikian bukan berarti Ethec bisa melaju kencang karena kedua motor listrik ini hanya menghasilkan tenaga 22 kW, dan bisa sampai 50 kW cuma untuk waktu yang singkat.

Motor listrik berfungsi dengan mengandalkan sumber tenaga dari baterai Litihium ion berkapasitas 15 kWh. Jarak tempuhnya bisa mencapai 400 km.

Rahasia Ethec bisa menempuh jarak yang jauh adalah sistem reproduksi tenaga layaknya sistem KERS di mobil F1. Pengereman dengan roda depan dapat diolah kembali menjadi tenaga baru dan disimpan di baterai.


Tentu saja Ethec tidak dijual untuk umum karena ini adalah sepeda motor konsep untuk studi.



(UDA)