Jakarta: PT Astra Honda Motor akhirnya memberikan keterangan mengenai rangka enhanced Smart Architecture (eSAF) yang dikeluhkan oleh konsumen rentan karat dan keropos. Melalui akun Instagram @welovehonda_id kemudian muncul seorang pria bermasker dengan topi merah yang memberikan penjelasan mengenai keluhan konsumen tersebut.
"Halo Brosis semua, MinHo minta maaf karna udah bikin Brosis bertanya2 kemana nih kok gak ada klarifikasi, gak bales komen, gak posting padahal lagi jd most wanted person ya ????," tulis di laman takarir @welovehonda_id.
Pria bermasker dengan topi merah yang bernama Bang Adnoh menjelaskan rangka eSAF yang ada di Honda Vario 160. Menurutnya bercak-bercak kuning di rangka tersebut adalah silikat.
"Ini tuh silikat, bukan karat. Untuk ngebuktiinnya dibersihin dulu biar debunya hilang, kalau zudah kering baru dilap pakai tisu kering," kata Bang Adnoh.
Baca Juga:
5 Fakta Rangka eSAF Motor Honda yang Dituding Keropos
Silikat ini merupakan lapisan untuk melapisi hasil pengelasan atau menjaga dari oksidasi karat. Bahkan bang Adnoh kemudian memperagakan dengan tisu di mana lapisan tersebut bisa di lap. Sayangnya untuk video ini hanya menjelaskan soal karat. Mereka belum memberikan penjelasan mengenai sasis motor yang patah.
Netizen Nilai Quality Control Produk Honda Bobrok
Meski PT Astra Honda Motor sudah memberikan penjelasan, namun banyak netizen (warganet) yang belum puas dengan keterangan dari Bang Adnoh. Bahkan akun Fauzi.Fadhli menilai kehadiran silika ini ada adalah bentuk quality control produk yang buruk.
"Hahaha ini bukan klarifikasi, tapi pengakuan kalau QC, treatment setelah pengelasan, dan sebelum painting nya bobrok. Silicon sisa pengelasan itu kalau di istilah perweldingan sebutannya "Silicon island", sisa Silicon dari alloy/paduan kawat las. Sisa Silicon ini harus dibersihkan/dibrush sebelum lanjut ke painting agar tidak menghalangi cat menempel sempurna ke permukaan las. Jika masih ada sisa Silicon dari pengelasan dan langsung dihajar painting, Silicon ini lama2 akan ngelotok dan cat yang menimpanya ikutan ngelupas sehingga meninbulkan titik munculnya karat, lama2 akan menyebar dan membuat keropos."
"Silicate island yang timbul dari proses welding adalah sesuatu yang harus dihilangkan dibersihkan dengan cara disikat atau digrinding pasca welding proses sblm masuk ke proses coating. Karena coating spray atau EDP tidak akan bisa melapisi Silicate Island .Dan proses grinding membuang silicate memakan waktu dan biaya. Jadi kesimpulan6qnya," tambah akun gusyaerimr.
Cek Berita dan Artikel yang lain di