Ban sepeda motor tanpa udara dari Bridgestone. Brigestone
Ban sepeda motor tanpa udara dari Bridgestone. Brigestone

Teknologi Otomotif

Ban Sepeda Motor Tanpa Udara dari Bridgestone, Anti Ranjau Paku

Ekawan Raharja • 30 Januari 2020 15:54
Tokyo: Bridgestone menunjukan inovasi mereka di dunia ban dengan menghadirkan ban konsep untuk sepeda motor tanpa udara. Jelas ban model ini sangat bisa diandalkan di Indonesia dan kebal dari ranjau paku yang banyak tersebar di jalanan.
 
Dikutip dari Visordown, ban ini diklaim anti kempes karena tidak menggunakan udara untuk menopang karetnya. Ban tanpa udara ini terbuat dari termoplastik daur ulang, didesain menjadi satu struktur layaknya jaring yang menopang bobot kendaraan.
 
Bahkan klaim produsen ban asal Jepang ini mampu menopang beban sampai 2.267 kg. mereka memastikan ini setelah melalui serangkaian uji coba untuk memastikan kemampuannya digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ban tanpa angin telah menjalani pengujian dunia nyata dan benar-benar anti-tusukan karena tidak ada udara di dalamnya sehingga tidak perlu mengembang. Selain itu jaringan di dalamnya juga membuat ban ini tidak perlu isi udara karena tekanannya tidak akan menghilang seiring berjalannya waktu.
 
Bridgestone juga mengklaim ban biasa akan kehilangan sekitar 90 persen energi saat berputar. Maka dengan menyederhanakan struktur ban, ban tanpa udara ini bisa meminimalkan kehilangan energi. Hasilnya, ban ini memiliki tingkat ketahanan saat berputar dan bisa berkontribusi pada pengurangan emisi CO2.
 
Desain yang diusung ini juga mampu disematkan di sepeda motor dengan tenaga mencapai 200 daya kuda. Sayangnya hingga saat ini statusnya masih sebagai ban konsep dan belum diproduksi secara massal untuk dijual. Kira-kira anda tertarik membelinya?
 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif