Motor Konsep

TVS Zeppelin, Motor Bergaya Cruiser Bermesin Hybrid

Ainto Harry Budiawan 14 Februari 2018 09:40 WIB
tvs
TVS Zeppelin, Motor Bergaya <i>Cruiser</i> Bermesin <i>Hybrid</i>
TVS Zeppelin usung mesin hybrid. Drivespark
New Delhi: Pabrikan sepeda motor asal India yakni TVS memamerkan sebuah motor konsep yang diberi nama Zeppelin. Motor konsep ini tampil istimewa dengan mengusung mesin hybrid.

Ya mesin jenis ini biasanya sering didengar dan digunakan untuk kategori mobil. Mesin hybrid merupakan paduan mesin bakar konvensional, dengan motor listrik yang saling bekerja sama menggerakkan roda.

TVS Zeppelin ini mengusung mesin bensin berkapasitas 220cc silinder tunggal. Mesin ini berpadu dengan motor listrik 1200 watt (setara 1,6 daya kuda) dengan baterai 48 volt.

Daya baterai akan terisi saat motor sedang mengerem. Memang kemampuan motor listriknya tak begitu besar, tapi torsi instan yang diberikan mampu membantu menggerakkan motor di awal berakselerasi.


Soal desain, Zeppelin ini mengusung gaya cruiser modern. Bentuk lampu kotak LED spintas mirip Ducati Diavel. Posisi duduk yang rendah, buritan yang padat dan gemuk hingga pelek jari-jari jadi ciri khasnya.

Memang tak disebutkan kapan Zeppelin akan diproduksi massal. Namun mereka sudah memberikan perkiraan harganya, yakni 120.000 rupe atau berkisar Rp25,4 jutaan saja.



(UDA)