Perlengkapan Berkendara

Produsen Helm Nasional Mainkan Trik Berebut Konsumen

Ahmad Garuda 26 November 2018 16:45 WIB
perlengkapan berkendara
Produsen Helm Nasional Mainkan Trik Berebut Konsumen
Konsumen helm memadati ruang pamer produsen helm di pameran otomotif. RSV
Jakarta: NHK dan KYT adalah dua merek helm nasional yang banyak dipilih konsumen, lantaran kualitas produk yang mulai bagus dan yang tak kalah adalah harga yang terjangkau. Kedua merek ini juga cukup intens mendukung para pembalap nasional bahkan kini menembus ajang balap MotoGP.

Namun sekarang, tak hanya kedua brand itu, Cargloss bahkan yang terbaru RSV Helmet muncul dalam beberapa tahun terakhir, meramaikan industri helm nasional. Dapat kita lihat di pameran otomotif khusus motor yang baru-baru ini dilaksanakan yaitu Indonesia Motor Cycle Show (IMoS), produsen helm merajai ruang tengah perhelatan pameran khusus untuk kendaraan roda dua itu.

Hal ini menjadi indikasi bahwa untuk komponen pelindung kepala atau helm, Indonesia tak lagi bisa dianggap sebelah mata. Apalagi beberapa produsen helm asing, mulai bekerja sama teknis dengan produsen helm nasional. Misalnya Suomy yang kini punya hubungan teknis dengan KYT, lalu ada juga Cargloss dengan Arai.



Tentu ini menjadi trik tersendiri untuk merebut hati konsumen, mengingat partner mereka ini tak sekadar sebagai numpang lewat saja, namun kerja sama berupa pertukaran informasi. Cara lainnya adalah mereka menjadi sponsor teknis pembalap atau tim di MotoGP.

"Kami juga sangat senang karena mendapat kesempatan tersebut. Padahal RSV adalah merek yang baru eksis di pasar otomotif tanah air. Ketatnya persaingan di sisi bisnis ini, membuat kami benar-benar harus jeli apa yang diinginkan masyarakat bikers di Indonesia," ujar Owner RSV Helmet, Richard melalui pesan singkatnya.

RSV sendiri tampil cukup mengejutkan, mengingat mereka langsung bekerja sama teknis dengan tim Federal Oil Gresini Racing Moto2. Lalu langkah kejutan mereka lainnya di tahun ini adalah keikutsertaan di ajang pameran IMOS dan membawa prototipe helm bermaterial carbon.


"Kami hanya penjajakan di IMOS untuk versi carbon composite itu. Tapi ternyata responnya cukup bagus dan kami makin optimis untuk segera meluncurkannya. Tentang segmentasi konsumen dari hasil riset, masyarakat bikers di Indonesia itu butuh helm bagus dari sisi desain, lalu kualitasnya bagus, tapi harganya terjangkau. Nah ini yang kami berusaha penuhi. Jadi antara mereka yang ingin bergaya, lalu ingin menggunakannya di ajang balap non profesional hingga junior profesional pun bisa terpenuhi."

Melihat pasar helm yang semakin tinggi dan diikuti dengan kesadaran menggunakan pelindung kepala yang memenuhi standar, pun dimanfaatkan dengan baik oleh produsen helm. Bukan hanya RSV, NHK contohnya yang juga cukup konsisten menghadirkan helm anak dengan standarisasi tinggi. Mereka beranggapan bahwa anak-anak pun pantas menggunakan helm dengan standar kualitas terbaik.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id