Gunakan jas hujan yang aman saat berkendara. Dok. MI
Gunakan jas hujan yang aman saat berkendara. Dok. MI

Pilih-Pilih Jas Hujan yang Aman untuk Berkendara

Otomotif safety riding tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 01 Desember 2019 15:33
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan dimulai sekitar Oktober-Desember 2019. Artinya para biker juga harus bersiap menghadapi musim hujan, yaitu menggunakan jas hujan yang aman dan nyaman.
 
Namun patut diketahui, memilih perlengkapan biker yang aman dan nyaman sangat penting. Lantaran potensi kecelakaan juga semakin tinggi jika jarak pandang dan jalanan yang licin. Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli jas hujan? Berikut ini beberapa tipsnya.
 
1. Memilih jas berbahan PVC
Ada beraneka tipe bahan jas hujan yang dijual di pasaran. Namun Anda harus memastikan menggunakan jas hujan berbahan Polyvinyl Chloride (PVC). Kemampuan menahan air masuk ke dalam tubuh bahan ini lebih baik, ketimbang jas hujan berbahan plastik atau parasut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Anda harus memastikan resleting dari bahan yang kuat
Jas hujan berbahan PVC bakal terasa sia-sia andai tak memiliki resleting yang bagus. Oleh karena itu, sebelum membeli Anda harus memastikan resleting jas hujan menggunakan bahan yang kuat seperti tembaga atau kuningan.
 
3. Tidak menggunakan model ponco
Bagian belakang jas hujan tipe ini cenderung terbuka ketika diterpa angin. Saat itu terjadi, jas hujan Anda akan mengganggu pandangan pengendara lain. Jas hujan tipe ini juga berpotensi tersangkut di jeruji roda dan membuat Anda celaka.
 
4. Cari warna terang
Jarak pandang jadi terbatas ketika hujan turun dengan lebat. Oleh karena itu, memilih jas hujan yang tepat bakal mengurangi risiko Anda mengalami kecelakaan saat berkendara.
 
Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, menyarankan untuk tidak menggunakan jas hujan jenis ponco atau kelelawar. Penggunaan jas hujan model ponco dapat membahayakan penggunanya ataupun pengguna jalan lainnya.
 
Selain itu gunakan warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau patut dipertimbangkan. Sebab, ketiga warna itu mudah ditangkap oleh mata manusia. Terutama saat kondisi malam hari.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif