Ducati Multistrada V4 RS, edisi Multistrada paling canggih dalam sejarah. dok ducati
Ducati Multistrada V4 RS, edisi Multistrada paling canggih dalam sejarah. dok ducati

Ducati Multistrada V4 RS: Motor Touring dengan Mesin MotoGP

Adri Prima • 21 September 2025 18:12
Jakarta: Ducati kembali menghadirkan gebrakan di segmen adventure touring dengan merilis Ducati Multistrada V4 RS. Model ini menjadi Multistrada paling canggih, paling sporty, sekaligus paling ikonik yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Italia tersebut.
 
Multistrada V4 RS merupakan representasi terbaru dari lini RS Ducati, yang dirancang untuk menjembatani dunia performa tinggi khas superbike dengan kenyamanan touring jarak jauh. Motor ini mengadopsi mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc milik Panigale V4, mesin turunan MotoGP yang dikombinasikan dengan teknologi terkini serta sasis yang telah dioptimalkan untuk kenyamanan dan performa.
 
Berbeda dari Multistrada V4 versi lainnya, model RS ini diproduksi dalam seri bernomor dan tampil dengan identitas desain yang lebih agresif serta spesifikasi teknis yang lebih mumpuni. Setiap komponennya dipilih untuk mengejar satu tujuan: menjadi sepeda touring paling sporty yang pernah dibuat Ducati.
 

Sensasi MotoGP di jalan raya


Mesin Desmosedici Stradale berpendingin cairan dengan sistem desmodromic yang dikenal dari Panigale dan Streetfighter ini menghasilkan tenaga maksimal 180 hp pada 13.500 rpm (standar Euro 5+), namun tetap dirancang agar ramah digunakan dalam putaran rendah khas motor touring.

Untuk meningkatkan performa dan suara, Multistrada V4 RS dibekali filter udara Sprintfilter P08 dan knalpot Akrapovic dengan muffler khusus. Kombinasi ini memberikan suara berat saat idle dan suara menggelegar saat RPM tinggi, mirip karakter mesin MotoGP.
 
Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan kopling kering STM-EVO SBK, yang turut memperkaya sensasi berkendara dan menghadirkan suara mekanis yang ikonik. Tak hanya performa, sistem ini juga memberikan kenyamanan saat perpindahan gigi dan deselerasi.
 
Sasis Multistrada V4 RS dibangun di atas rangka monokok aluminium dengan geometri yang menyerupai versi Pikes Peak, termasuk penggunaan swingarm aluminium satu sisi dan roda depan 17 inci. Kombinasi ini memberikan kestabilan dan kelincahan yang maksimal saat cornering dan manuver cepat.
 
Suspensinya mengandalkan Ohlins Smart EC 2.0, yang dapat beradaptasi secara otomatis terhadap gaya berkendara pengendara. Pengaturan suspensi kini bisa disesuaikan secara manual lewat tombol khusus, terlepas dari mode berkendara, mulai dari Track, Dynamic, Touring, hingga Low Grip.
 
Untuk sistem pengereman, Ducati mengadopsi teknologi dari Panigale V4, dengan rem depan Brembo Stylema dan cakram 330 mm, serta ABS Cornering Bosch-Brembo 10.3ME.
 
Ducati Multistrada V4 RS: Motor Touring dengan Mesin MotoGP
 
Baca juga:
Livery Spesial Ducati di Mugello, Penghormatan untuk Leonardo da Vinci
 

Paket elektronik lengkap


Sebagai flagship di keluarga Multistrada, V4 RS membawa paket elektronik paling lengkap dan mutakhir. Teknologi radar depan dan belakang sudah menjadi fitur standar, menghadirkan fitur-fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Blind Spot Detection (BSD), dan Forward Collision Warning (FCW).
 
Model ini juga dilengkapi dengan Ducati Vehicle Observer (DVO), sistem prediktif yang mengestimasi beban dan gaya yang bekerja pada motor untuk meningkatkan akurasi kontrol elektronik.
 
Terdapat lima pilihan riding mode antara lain Race, Sport, Touring, Urban, dan Wet, yang dapat dipadukan dengan empat Power Mode: Full, High, Medium, dan Low. Satu hal yang eksklusif di Multistrada V4 RS adalah Power Mode Full, yang sebelumnya hanya tersedia di Panigale dan Streetfighter.
 

Desain eksklusif


Multistrada V4 RS tampil menonjol dengan livery RS eksklusif, lengkap dengan logo RS yang dirancang oleh Centro Stile Ducati, serta panel dashboard khusus bergaya track mode. Komponen serat karbon mendominasi tampilan, mulai dari spatbor depan, pelindung tangan, heat shield, hingga paruh depan.
 
Fairing belakangnya menggunakan bahan techno-polymer yang ringan, mengintegrasikan pegangan penumpang tanpa mengorbankan estetika. Rangka jok dari titanium mengurangi bobot hingga 2,5 kg dan tetap mendukung pemasangan tiga boks bagasi.
 
Demi mengejar karakter sporty, posisi berkendara Multistrada V4 RS turut diubah. Setang lebih rendah dan lebih sempit, pijakan kaki lebih tinggi dan mundur, memberikan sudut kemiringan optimal saat menikung tajam. Meski demikian, Ducati tetap menjaga kenyamanan khas touring, memastikan pengendara tetap nyaman di perjalanan panjang.
 
Ducati Multistrada V4 RS: Motor Touring dengan Mesin MotoGP

Fitur tambahan dan aksesori


Multistrada V4 RS juga memiliki layar TFT 6,5 inci dengan integrasi Ducati Connect untuk navigasi langsung dari smartphone. Kompartemen ponsel dilengkapi sistem pendingin udara, ideal saat ponsel digunakan sebagai GPS dalam waktu lama.
 
Untuk personalisasi, Ducati menyediakan aksesori resmi melalui katalog Ducati Performance, mulai dari bagasi, tas tangki, komponen aluminium billet, hingga berbagai komponen karbon untuk memperkuat karakter sporty motor ini.
 
Ducati Multistrada V4 RS akan hadir dalam satu varian warna eksklusif, lengkap dengan radar depan dan belakang sebagai standar. Model ini diproduksi dalam jumlah terbatas, menjadikannya bukan hanya sebagai motor performa tinggi, tetapi juga koleksi bernilai tinggi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(PRI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan