Inilah motor cruiser yang mudah dikendalikan dan lincah. MTVN/ Ahmad Garuda, Ekawan Raharja
Inilah motor cruiser yang mudah dikendalikan dan lincah. MTVN/ Ahmad Garuda, Ekawan Raharja

Test Ride

Test Ride Kawasaki Vulcan S, Entry Level Cruiser Nan Lincah

Ainto Harry Budiawan • 26 Oktober 2015 11:19
medcom.id, Jakarta: Bayangan mengendarai motor jenis cruiser pertama kali adalah berat, panas dan menyulitkan saat berbelok karena sudut caster yang besar. Itu mindset yang terbayangkan saat mendengar nama motor cruiser.
 
Namun kehadiran Kawasaki Vulcan S seakan membantah hal tersebut. Dimensi lebih kecil jika membadingkan dengan motor cruiser lainnya. Apalagi jantung pacunya sendiri hanya 650 cc, tidak besar tapi juga tidak kecil.
 
Desain
Bakalan asik untuk jalan jauh. Yup itu gambaran awal karena posisi setang tinggi, jok rendah dan pijakan kaki yang membuat seperti selonjoran pastinya nyaman dinaiki. 

Seperti kebanyakan motor cruiser, aura klasik jelas terlihat. Namun Vulcan S hadir dengan tampilan sporty berbalut teknologi modern. Contohnya coba tengok panel instrumen paduan digital dan analog pada penunjuk putaran mesin, identik dengan ER-6n dan Ninja 650.
Test Ride Kawasaki Vulcan S, Entry Level Cruiser Nan Lincah
Kemudian headlight terlihat lebih manis dengan lekukan, bukan membulat biasa, taillight sendiri sudah mengusung LED. Begitu pula dengan pelek yang digunakan, sudah model casting wheel alih-alih model spoke wheel.
 
Maka begitu pula soal penggunaan monosok ketimbang double sok seperti cruiser umumnya, dan suspensi depan teleskopik berdiameter 41 mm. Tidak heran kalau Kawasaki juga menggunakan pendingin cairan karena mesin persis dua saudara kembarnya.
 
Teknologi dan Fitur
Meski berjenis cruiser yang kodratnya beraura klasik, Kawasaki Vulcan S justru kental desain sporty dan teknologi modern. Mesin 650 cc, DOHC, dua silinder segaris, pasokan bahan bakar injeksi berpendingin cairan menyiratkan hal itu.
 
Belum lagi panel instrumen paduan digital dan analog tadi. Di dalamnya terdapat indikator putaran mesin, spidometer, jam, odometer, eco riding, trip meter A dan B, konsumsi BBM per 100 kilometer, konsumsi BBM aktual, lampu sein, lampu jauh, check engine dan banyak lagi.
Test Ride Kawasaki Vulcan S, Entry Level Cruiser Nan Lincah
Tidak ketinggalan sistem pengereman sudah menerapkan Anti-lock Braking System (ABS), sehingga tak khawatir roda depan-belakang mengunci saat rem mendadak. Tuas rem dan kopling pun punya lima setelan untuk memudahkan rangan meraihnya.
 
Riding Position & Handling
Nyaman, itu gambaran awal saat mengendarai motor seharga Rp167 juta (per Oktober 2015). Posisi jok rendah (705 mm) dengan bentuk lebar, busa tebal dan empuk, memudahkan kaki penggunanya berpijak saat berhenti.
 
Begitu pula dengan posisi pijakan kaki pengendara yang ternyata bisa diatur posisinya. Masing-masing bisa bergeser sejauh 25 mm (maju-mundur) dari posisi standar. Tinggal atur sesuai selera saja.
Test Ride Kawasaki Vulcan S, Entry Level Cruiser Nan Lincah
Lekuk setang yang panjang mudah diraih, meski berkesan lebar nyatanya setang ini cukup membantu saat menyelinap dikepadatan arus lalu lintas ibu kota. Spion lebarnya memudahkan memantau kondisi dibelakang.
 
Redaman suspensi terasa pas. Lembut dan empuk pada kedua roda. Hebatnya motor tetap stabil meski dipakai menikung, jadi nilai plus sendiri untuk urusan handling.
 
Dengan wheelbase 1.580 mm dan jarak trail 120 mm, motor sangat stabil dan mantap untuk cruising dijalanan luar kota. Kami pun sempat membawa motor ini kewilayah Cisarua, Bogor. Tapi agak menyulitkan saat hendak putar arah atau ketemu tikungan sempit.
 
Walau saat dibawa keperkotaan tidak terlalu menyulitkan juga dan justru relatif ringan dan lincah. Untuk pemula yang baru pertama mengendarai cruiser, Vulcan S ini layak untuk dicoba.
 
Yang sedikit mengganggu adalah panas mesin yang terasa sangat menghangatkan area betis. Ya walaupun panas itu akan hilang seiring melajunya motor saat arus lalu lintas lancar.
 
Performa
Dengan paduan sepasang piston 83 mm dan langkah 60 mm, kapasitas mesin murni mencapai 649 cc. Rasio kompresi mesin sendiri mencapai 10,8:1 dan cukup menggunakan bahan bakar dengan oktan 92.
Test Ride Kawasaki Vulcan S, Entry Level Cruiser Nan Lincah
Besaran tenaga mencapai 61,9 daya kuda @7.500 rpm dengan torsi 64 Nm @6.500 rpm. Lebih dari cukup untuk cruising keluar kota bersama teman-teman. Tapi getaran mesin agak sedikit terasa khususnya pada awal berakselerasi.
 
Konsumsi Bahan Bakar
Tangki bahan bakar model teardrop punya kapasitas 14 liter. Dengan penggunaan kombinasi (dalam dan luar kota) konsumsi rata-rata 4,5 liter per 100 kilometer atau 22,2 kilometer per liter.
 
Kesimpulan
Jika Anda tertarik untuk menebus motor cruiser yang tidak menyulitkan, nyaman dan dengan harga relatif terjangkau, Kawasaki Vulcan S layak menjadi pilihan Anda.
 
Data Spesifikasi
Tipe Mesin: 4 Langkah, 2 Silinder Segaris 
Tenaga Maksima: 61,69 Hp /7.500 rpm 
Torsi Maksimal : 64 Nm /6.500 rpm 
Sistem Bahan Bakar : Injeksi 38mm x 2 Sub-Throttles 
Diameter x Langkah : 83 mm x 60 mm 
Volume Silinder : 649 cc 
Valve Sistem : DOHC, 8 Klep 
Sistem Pendinginan : Cairan 
Kompresi : 10,8 : 1 
Transmisi : 6 percepatan 
Kopling : Tipe basah, Manual 
Suspensi Depan : Teleskopik 
Suspensi Belakang : Monosok dengan adjustable preload 
Rem Depan : Cakram Tungal 300 mm, Dual Piston 
Rem Belakang : Cakram Tunggal 250 mm, single piston 
Ban Depan : 120/70 R18 
Ban Belakang : 160/60 R17 
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.315 x 870 x 1.095 mm 
Jarak Poros Roda : 1.580 mm 
Jarak Ke Tanah : 130 mm 
Berat : 226 kg 
Kapasitas Tangki : 14 liter
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan