SPBKLU di Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang. Grab
SPBKLU di Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang. Grab

Motor Listrik

Honda, Yamaha, KTM, & Piaggio Bikin Konsorsium Baterai Motor Listrik

Otomotif teknologi otomotif yamaha ktm piaggio honda motor Baterai kendaraan Listrik
Ekawan Raharja • 12 September 2021 09:00
Tokyo: Arah pengembangan industri otomotif global sudah jelas menuju kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Kondisi ini kemudian menyulut Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio bekerja sama untuk membuat konsorsium baterai motor listrik.
 
Keempat raksasa pabrikan sepeda motor tersebut resmi menandatangani kesepakatan untuk pembentukan konsorsium swap baterai. Baterai ini bisa digunakan untuk sepeda motor listrik dan kendaraan listrik ringan.
 
Konsorsium bernama Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) ini bertujuan memperluas penggunaan kendaraan listrik ringan, seperti skuter, moped, dan motor. Konsorsium juga ingin mendukung manajemen baterai yang berkelanjutan.
 
Perusahaan hasil patungan ini akan berfokus kepada masa pakai baterai, waktu pengisian ulang, infrastruktur dan biaya. Selain itu konsorsium juga akan menentukan spesifikasi teknis mengenai standar internasional untuk baterai yang dapat ditukar.
 
"Mobilitas perkotaan sedang melalui momen transisi yang sulit menuju elektrifikasi. Berkat konsorsium ini, sepeda motor akan tetap memegang peran kuncinya," kata Chief of Strategy and Product Piaggio, Michele Colaninno, dikutip Reuters.
 
Sementara Chief Officer Operasi Sepeda Motor Honda, Yoshishige Nomura, menambahkan konsorsium bertujuan untuk membuat sepeda motor listrik lebih nyaman. "Karena penggunaannya dalam skala besar dapat secara substansial berkontribusi pada penciptaan masyarakat yang lebih berkelanjutan," ungkap Nomura.
 
Sebelumnya, kesepakatan keempat produsen sepeda motor terbesar di dunia itu telah dibahas selama Paris Climate Agreement dan transisi terhadap elektro mobilitas. Para anggota pendiri konsorsium percaya ketersediaan terhadap sistem standar baterai yang dapat ditukar (SWAP) dapat mempromosikan perluasan kegunaan kendaraan listrik ringan dan berkontribusi kepada siklus pengelolaan baterai yang lebih mumpuni untuk digunakan dalam sektor transportasi.

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif