NSF250R masih jadi andalan Honda di kelas balap prototipe untuk pembalap pendatang baru. ATC
NSF250R masih jadi andalan Honda di kelas balap prototipe untuk pembalap pendatang baru. ATC

Profil Motor Balap

NSF250R, Masih jadi Andalan Honda di Balap Prototipe

Ahmad Garuda • 10 Maret 2017 18:00
medcom.id, Thailand: NSF250R masih jadi andalan Honda seri balap prototipe untuk kelas pendatang baru. Meski sudah sejak 2012 lalu masih mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda di mekanikal, namun nyaris diakui motor ini tidak banyak perubahan berarti.
 
Mesinnya masih menggunakan silinder tunggal dengan sudut kemiringan 15 derajat ke belakang. Dari sudut konfigurasi, memang cukup unik. Mengingat mesin ini berbeda dengan mesin lain kebanyakan. Sudut kemiringan ke belakang menjadi indikasi bahwa mesin ini hanya digunakan untuk keperluan balapan.
 
Keuntungan dari mesin ini adalah bisa menjaga center of gravity motor (bobot yang presisi antara depan dan belakang). Kemudian arah buang gas bakar dan pencapaian lebih cepat power mesin.

Motor ini dipasok oleh Honda bukan hanya untuk ajang Asia Talent Cup, namun lebih dulu di ajang balap Moto3 yang sejak 2012 lalu diperkenalkan. Namun ada perbedaan spesifikasi antara mesin yang digunakan di Moto3 dengan mesin di ATC. Di antaranya setup ECU, ban, konfigurasi rangka dan lain sebagainya.
 
Di Asia Talent Cup, spesifikasi motor NSF250R yang digunakan masih basis prototipe yang dipasok oleh Honda. Tapi di Moto3 pengembangan yang dilakukan tiap tim balap sudah masuk kategori dengan level lebih tinggi. Yang penting tak melanggar regulasi teknis yang ditetapkan, seperti diameter piston, sudut kemiringan blok silinder dan lain sebagainya.
 
Berikut spesifikasi teknisnya.
Dimensions

Overall length     1,809 mm (71.2 in)
Overall width     560 mm (22.0 in)
Overall height     1,037 mm (40.8 in)
Wheelbase     1,219 mm (48.0 in)
Ground clearance     107 mm (4.2 in)
Seat height standard     729 mm (28.7 in)
 
Frame
Type     Aluminium, twin tube
Front suspension     Telescopic, inverted type
Rear suspension     Swinger, Pro-link
Front tire size     95/75R17
Rear tire size     115/75R17
Front brake     Single disc 296 mm, with 4-piston caliper
Rear brake     Single disc 186 mm, with single piston caliper
Fuel capacity     11.0 liter (2.91 US gal, 2.42 Imp. gal)
 
Engine
Type     Liquid cooled 4-stroke engine
Cylinder arrangement     Single cylinder, inclined 15º from vertical
Bore and stroke     78.0 x 52.2 mm (3.07 x 2.06 in)
Displacement     249.3 cm3 (15.21 cu-in)
Compression ratio     12.3:1
Valve train     Chain driven, DOHC
Lubrication system     Semi-dry sump, forced pressure and wet sump
Oil pump type     Trochoid
 
Fuel System
Throttle body type     GQD1A
Throttle bore     50 mm (2.0 in)
 
Drive Train
Clutch operating system     Cable operated
Clutch type     Wet, multi-plate
Transmission     6 speeds constant mesh
Final reduction     2.333 (15/35T)
Gearshift pattern     1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 (1 down and 5 up)
 
Electrical
Fuel Delivery System     PGM-FI
Ignition system     Full Transistor
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(GUS)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan