All New Yamaha Tmax usung mesin baru yang lebih besar, Yamaha
All New Yamaha Tmax usung mesin baru yang lebih besar, Yamaha

All New Yamaha TMax Usung Mesin Baru

Otomotif motor baru yamaha eicma autogear
Ekawan Raharja • 07 November 2019 10:36
Milan: Yamaha akhirnya memperkenalkan All New Yamaha Tmax generasi ketujuh dengan mesin baru dan fitur yang berlimpah. Selain itu, skuter matik (skutik) gambot ini juga kedapatan satu varian baru Tech Max sebagai flagship dan fitur lengkap.
 
All New Tmax ini hadir dengan dua varian, reguler dan Tech Max, yang masih mengandalkan karakteristik sporty. Melihat citra skuter ini sebagai skuter bertenaga kuat, pabrikan berlogo garpu tala ini memilih untuk meningkatkan tenaganya dengan menggunakan mesin baru.
 
Kini generasi ketujuh ini mengusung mesin 562 cc 2-silinder melalui peningkatan bore menjadi 70 mm hingga 2 mm. Cara ini diakui dapat membuat torsi lebih besar dan meningkatkan daya maksimum 3,5 persen, dan sesuai standar emisi Euro 5 untuk di negara-negara 'Pulau Biru'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


All New Yamaha TMax Usung Mesin Baru
 
Emisi gas buang yang lebih bersahabat ini tidak terlepas dari ruang bakar yang ditata ulang, katup intake 27 mm yang lebih besar, dan timing katup masuk dan buang yang direvisi. Rival dari Honda ini juga memposisikan ulang injektor bahan bakar 12 lubang ke bagian bawah saluran inlet untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. Knalpot mengadopsi katalitik konverter depan dan belakang yang menggunakan elemen platinum serta rhodium.
 
Pembaruan mesin lainnya mencakup sistem pendingin dengan radiator yang lebih besar, saluran udara baru, dan tensioner rantai resin plastik baru. Yamaha juga menyempurnakan sistem kontrol traksi. Sektor CVT untuk memberikan padanan gearing yang lebih tinggi untuk memberikan akselerasi yang lebih baik dan lebih halus.
 
Khusus varian Tech Max sudah dilengkapi MyTMAX Connect yang sudah berisikan GPS, windscreen elektrik, cruise control, pemanas handle grip, kursi pemanas, dan suspensi belakang yang dapat disesuaikan juga tersedia.
 
All New Yamaha TMax Usung Mesin Baru
 
Tenaga yang besar ini dikawal oleh sistem pengereman cakram ganda 267 mm di depan dan cakram 282 mm di belakang. Sistem pengereman ini kemudian dikombinasikan dengan suspensi fork USD 41 mm dan sistem suspensi belakang tipe-link Monocross untuk memberikan stabilitas serta kenyamanan selama perjalanan.
 
Mengingat Tmax terkenal sebagai skutik yang sporty, Yamaha tetap mempertahankan desain body dengan lekukan-lekukan tajam. Penggunaan headlamp LED baru dan lampu belakang berbentuk T dengan desain meruncing membentuk kesan ramping.
 
Yamaha menawarkan Warna Icon Grey dan Sword Grey untuk TMAX dasar, kemudian untuk varian Tech Max ditawarkan warna Sword Grey dan Tech Kamo. Skuter ini juga sudah ditampilkan di lantai EICMA 2019 untuk pertama kalinya. Lantas apakah akan masuk ke Indonesia?
 
Sebagai perbandingan, Yamaha Tmax secara spesifikasi memiliki lawan Honda X-Adv. Hanya saja keduanya memiliki konsep yang berbeda, karena X-Adv mengusung gaya adventure sedangkan Tmax memang tampil gaya sporty.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif