Recall

Gigi Transmisi Berpotensi Rusak, Kawasaki Recall Ninja ZX-10

Ainto Harry Budiawan 15 Februari 2018 14:55 WIB
kawasaki
Gigi Transmisi Berpotensi Rusak, Kawasaki Recall Ninja ZX-10
Gigi rasio Ninja ZX-10 berpotensi pecah. Bike Wale
Bangkok: Superbike Kawasaki Ninja ZX-10RR dan ZX-10R terkena recall, atau penarikan unit kembali karena adanya masalah pada gearbox. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) melaporkan kejadian ini.

Masalah dimulai dari Thailand, ketika Kawasaki melakukan investigasi pada gigi transmisi transmisi. Dalam pemeriksaan yang dilakukan, diketahui gigi rasio punya kekuatan material yang tak sesuai.

Akibatnya gigi rasio berpotensi pecah saat berpindah gigi, khususnya pada gigi transmisi dua, tiga dan empat. Roda gigi yang pecah berpotensi mengunci gerak roda gigi lainnya.

Tentu hal ini berbahaya karena bisa membuat motor kehilangan kendali dan mengakibatkan kecelakaan. NHTSA sendiri menyebut motor yang terkenda dampak ini adalah ZX-10RR dan ZX-10R rakitan 2016 hingga 2018.


NHTSA menyebutkan setidaknya ada 4.000 unit motor yang terdampak masalah ini. Kawasaki pun akan memberikan penggantian komponen secara gratis, meski mesin motor harus turun dan dibongkar seluruhnya.

Sejauh ini belum ada tindakan yang dilakukan pihak PT Kawasaki Motor Indonesia menyusul masalah ini. Namun untuk mencegah, tak ada salahnya pemilik motor tersebut membawanya menuju bengkel resmi untuk diperiksa atau mengajukan klaim garansi.



(UDA)