Perlengkapan Berkendara

Kekuatan Helm, 50 Persen Ada di Pelipis

Ahmad Garuda 14 Februari 2018 18:15 WIB
perlengkapan berkendara
Kekuatan Helm, 50 Persen Ada di Pelipis
Bagian pelipis helm adalah bagian terpenting untuk melindungi kepala manusia. Dailymail
Jakarta: Negara kita sudah melarang penggunaan helm yang tidak sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI) untuk beredar di pasaran. Lantaran banyak kecelakaan yang disebabkan para pengendara motor mengalami cedera para di kepala. Tapi tahukah Anda bahwa bagian yang paling riskan saat kepala terbentur keras?

CEO PT Tara Group (produsen helm KYT), Henry Tedjakusuma menegaskan dalam pernyataan resminya, bahwa hasil studi yang mereka lakukan, mayoritas kecelakaan yang berakibat kematian terjadi saat kepala terbentur. Terutama di bagian pelipis atau kepala bagian samping.

"Mayoritas kematian para pemotor yang mengalami kecelakaan dan kepalanya terbentur, karena bagian samping kepala. Makanya prioritas perhatian level kekuatan produksi helm yang kami lakukan, perlindungannya ada di bagian samping atau pelipis. Kalau dihitung berdasarkan persentase, levelnya mencapai 50 persen di bagian tersebut," klaim Henry.

Hal ini yang tidak disadari oleh banyak pengendara. Mereka biasanya memilih model atau berdasarkan hanya bisa tampil keren saja. Sementara perlindungan kepala terutama bagian yang sangat vital seperti di pelipis, itu sangat jarang mereka perhatikan.


Henry melanjutkan bahwa persentasi kekuatan helm itu, paling tinggi terdapat di bagian pelipis 50 persen, kemudian bagian dahi 10 persen, bagian atas 10 persen, bagian belakang 10 persen, visor 10 persen dan dagu serta pengikat bentuk D-ring 10 persen.

"Tugas kami adalah melindungi kepala para pengendara seaman mungkin. Maka dari itu kami selalu merekomendasikan helm dengan tipe full face. Namun untuk tipe modular, half face, jika hanya untuk digunakan ke pasar sebenarnya tidak masalah. Tapi kalau ingin perlindungan sepenuhnya, silahkan pilih yang tipe full face."



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360