Pecco Bagnaia di paddock Ducati. dok ducati
Pecco Bagnaia di paddock Ducati. dok ducati

Ternyata Begini Isi Paddock Tim Juara Dunia MotoGP

Adri Prima • 02 Oktober 2024 07:37
Mandalika: Paddock tim-tim MotoGP menjadi salah satu fasilitas yang selalu menghadirkan rasa penasaran. Pasalnya, area paddock tidak bisa dimasuki sembarangan orang karena area tersebut eksklusif hanya untuk kru, mekanik, pembalap, dan orang-orang penting dalam struktur tim. 
 
Area paddock bisa diibaratkan 'dapur' dari setiap tim balap. Aktivitas dokumentasipun sangat dibatasi karena mereka harus menjaga data tim serta, racikan mesin, hingga seluruh teknologi yang dimiliki dari pihak luar.
 
Karena alasan tersebut, paddock sering disebut area paling steril di setiap ajang MotoGP, bahkan dilarang untuk penggemar sekalipun. Meski begitu, terkadang tim-tim MotoGP juga sesekali menggelar tour paddock dengan syarat peserta dilarang merekam ataupun memotret fasilitas yang ada di dalamnya. 

Di MotoGP Mandalika yang baru saja usai, tim juara dunia Ducati Lenovo menggelar paddock tour untuk menunjukkan suasana dan fasilitas yang ada di dalam 'dapur' Ducati tersebut. 
 
Baca juga:
Susah Payah Raih Podium di Mandalika, Bagnaia Ungkap Fakta-fakta Ini

Secara umum, aktivitas di paddock berkaitan dengan segala hal yang berbau teknis, termasuk mempersiapkan motor sebelum balap. Area utama paddock Ducati dipartisi menjadi dua bagian. Sisi kanan untuk Enea Bastianini dan sisi kiri untuk Fransesco Bagnaia. 
 
Ternyata Begini Isi Paddock Tim Juara Dunia MotoGP
 
Di dalam paddock juga terdapat beberapa area seperti tempat penyimpangan spare parts, ruang penyimpanan ban, ruang radio, hingga ruangan khusus untuk menganalisa data-data motor milik kedua pembalap Ducati. 
 
Di dalam paddock, masing-masing pembalap memiliki kru dan mekaniknya sendiri. Selain itu, setiap pembalap diberi slot sebanyak dua motor yakni motor utama dan motor cadangan jika mengalami crash. 
 
"Masing-masing pembalap diberikan dua motor. Motor utama dan cadangan. Ini berlaku di setiap seri MotoGP," ujar Marketing Director Ducati Asia-Pacific, Siddharta Varma. 
 
Ia menambahkan, layout paddock alias tata letak setiap ruangan juga selalu sama. Hal ini bertujuan agar para kru dan mekanik tidak kebingungan karena tata ruang yang berubah. "Jadi di semua negara sama (layout), tidak ada yang diubah," bebernya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan