Norton Commando 750, salah satu produk tersukses Norton di awal kiprahnya dalam industri sepeda motor dunia.
Norton Commando 750, salah satu produk tersukses Norton di awal kiprahnya dalam industri sepeda motor dunia.

Motor Klasik

Commando 750, Lambang Kejayaan Norton

Otomotif motor klasik
Ekawan Raharja • 20 April 2015 06:18
medcom.id: Norton hingga saat ini menjadi ikon dalam dunia sepeda motor yang menjadi acuan banyak builder. Pada tahun 1902 Norton yang khusus memproduksi sepeda motor dengan gaya street scrambler dan hi rider, mencetuskan Commando 750. Motor ini diproduksi pada tahun 1969 hingga tahun 1972.
 
Motor asal Inggris ini terbilang salah satu motor kejayaan Norton. Performa yang luar biasa dan handal di hampir semua medan membuat motor ini dianugerahi kategori "Machine of The Year" oleh Motor Cycle News secara lima tahun beruntun mulai dari 1968-1972.
 
Menilik mesin Commando 750, Norton membekali motor bergaya scrambler ini dengan mesin berkapasitas 745cc. Mesin yang dihasilkan sanggup muntahkan 77 daya kuda yang disalurkan ke roda melalui empat percepatan transmisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan untuk mengimbangi kemampuan mesinnya, pabrikan yang sempat bermasalah dengan hak cipta namanya tersebut memasangkan suspensi garpu telescopic di bagian depan dan dual shock yang bisa diatur dalam lima mode pada bagian belakang.
 
Tetapi sayangnya, Commando 750 harus berhenti produksi pada tahun 1972. Beberapa alasan menjadi penyebab motor yang pernah berjaya tersebut berhenti produksi, salah satunya adalah resesi yang melanda Inggris pada tahun tersebut.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif