Afridza Munandar sesaat sebelum balapan race pertama dimulai. ATC
Afridza Munandar sesaat sebelum balapan race pertama dimulai. ATC

Afridza Munandar, Pembalap Indonesia Tewas di Lintasan MotoGP

Otomotif balap motor pembalap nasional
Ahmad Garuda • 02 November 2019 19:22
Sepang: Dunia balap Indonesia berduka lagi. Salah satu pembalap nasional yang sangat kompetitif di balap tingkat Asia yaitu Afridza Munandar meregang nyawa di lintasan balap yaitu di Sepang International Circuit (SIC) pada race pertama Asia Talent Cup (ATC) Seri Malaysia hari ini Sabtu (2/11/2019).
 
Tidak diketahui detail kejadiannya seperti apa, lantaran ketika kami melakukan pengecekan langsung di video tayangan langsungnya, terdapat pembalap yang kehilangan grip dan menyenggol pembalap lainnya. Entah, Afridza yang terjatuh atau Ia yang tersenggol. Namun keduanya terlihat jatuh.
 
Peristiwa tersebut, terjadi tepat di lap pertama saat memasuki tikungan 10. Tikungan ini tak jauh dari lokasi ditabraknya Marco Simoncelli pada 2011 lalu. Penyelenggara balap pun langsung menghentikan balapan dan Afridza diterbangkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia untuk mendapat perawatan intensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Afridza Munandar, Pembalap Indonesia Tewas di Lintasan MotoGP
 
Namun malang tak bisa ditolak, pembalap muda Indonesia yang diharapkan meraih hasil bagus di feeder balap MotoGP itu, meninggal dunia di rumah sakit. Tentunya ini jadi kabar buruk di balap nasional. Apalagi Ia adalah salah satu yang diharapkan jadi tameng berikutnya untuk berkompetisi di balap dunia.
 
Sebelumnya, pembalap 20 tahun itu tampil kompetitif dan meraih dua kemenangan di race pertama ATC Buriram, Thailand dan race kedua ATC Sepang, Malaysia (seri-3). Dilihat dari posisi pencapaian poin di klasemen sementara, Ia sebenarnya berpeluang meraih juara ATC 2019, lantaran selisih poinnya hanya 27 poin. Sementara masih ada 50 poin yang diperebutkan untuk meraih juara.
 
Afridza Munandar, Pembalap Indonesia Tewas di Lintasan MotoGP
 
Di seri terakhir ini, Afridza juga tampil sangat kompetitif di sesi kualifikasi. Selisih catatan waktu tercepatnya dari Takuma Matsuyama yang tampil sebagai pembalap tercepat (2:16,964), hanya terpaut 0,768 detik. Ia pun mengawali balapan dari grid start kelima dan sempat melorot ke posisi 6 dan 7 hingga terjadinya kecelakaan maut tersebut.
 
Semoga ini menjadi penyemangat balap pembalap nasional lainnya yang masih berlaga di ajang yang sama. Meski race pertama dibatalkan, namun penyelenggara tetap berencana melangsungkan race kedua pada Minggu (3/11) besok. Masih ada Herjun Firdaus, Adenanta Putra, Abdul Mustaqim dan Hildhan Kusuma yang jadi wakil Indonesia di balap tersebut.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif