Pabrikan asal Italia ini merampungkan produksi edisi spesial tersebut di Cikarang, Jawa Barat. Lini terakhir akan berhenti diproduksi pada Oktober 2024 setelah mencapai total produksi sebanyak 1.920 unit.
Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, menjelaskan Vespa Batik telah menjadi pendamping yang berharga dalam merayakan dua ikon identitas budaya asli dari Italia dan Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami menunjukkan dedikasi dan apresiasi yang sesungguhnya terhadap negara ini.
"Sekarang, saatnya untuk memulai babak baru, tentunya dengan tekad untuk terus menginspirasi pelanggan kami seperti yang selalu kami lakukan,” ujar Marco melalui keterangan resminya.
Baca Juga: Kelas Amatir Drifter Wanita Jadi Daya Tarik IDC 2024 |
Vespa Batik pertama kali diperkenalkan saat peresmian pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia, pada November 2022. Kala itu, model ini yang pertama diproduksi sebagai bentuk penghormatan terhadap ikon budaya dan kebanggaan Indonesia. Desainer di Italia menciptakan dengan memadukan simbol ikonik dari Italia dan Indonesia, yakni Vespa dan Batik, dalam tampilan budaya yang unik, namun selaras.
Pabrikan asal Italia ini menampilkan adaptasi motif batik tradisional ‘Tambal Jagad’ sebagai pola batik utama yang disematkan beberapa bagian pada body, serta aksesori berupa helm dan top box.
Pola batik ini menjadi gabungan dari tujuh motif yang terinspirasi dari latar belakang dan budaya yang berbeda-beda, merepresentasikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur.
Dibalut dengan filosofi mendalam dari Batik Indonesia, dirakit sepenuhnya di Cikarang dan dipasarkan untuk Indonesia, Vespa Batik menjadi perwujudan yang sesungguhnya dari slogan “Dari Indonesia, Untuk Indonesia.”
Baca Juga: Alasan Mitsubishi Xpander Hybrid Absen di IIMS 2024 |
Melalui Vespa Batik, perusahaan mengubah dirinya dengan tampilan baru seraya menjaga warisan batik, menjadikannya lebih relevan bagi semua generasi dalam mendukung mobilitas harian masyarakat Indonesia.
Pengumuman tahap akhir produksi ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memiliki dan menjadi bagian sejarah kendaraan roda dua premium yang ikonis ini. Selain itu, setiap pelanggan yang melakukan pembelian akan mendapatkan badge bernomor untuk kendaraan roda duanya. Badge eksklusif ini tersedia bagi mereka yang akan melakukan pembelian maupun mereka yang sudah memilikinya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News