Jajal Royal Enfield Himalayan 450 terbaru, buas dengan performanya, canggih fitur-fiturnya, namun tetap pertahankan kesan klasik. medcom-uda
Jajal Royal Enfield Himalayan 450 terbaru, buas dengan performanya, canggih fitur-fiturnya, namun tetap pertahankan kesan klasik. medcom-uda

Royal Enfield Himalayan 450, Fiturnya Bokeh, Performanya Ngejambak!

Ahmad Garuda • 11 September 2024 08:45
Jakarta - Sejak meluncur secara resmi di ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, kesampaian juga menjajal lebih jauh Royal Enfield Himalayan 450. Motor dengan genre petualang ini benar-benar menawarkan sensasi berbeda dari versi Himalayan terdahulu. 
 
Saat peluncurannya di momen pameran otomotif terbesar di Indonesia itu, Business Head of Asia Pacific Markets Royal Enfield, Anuj Dua mengatakan bahwa motor ini dibangun dari awal menggunakan Sherpa 450 terbaru. Menggendong mesin water-cooled, serta gearbox 6-speed, membuatnya diciptakan dengan tujuan menaklukkan jalan ekstrim seperti di Himalaya. Artinya motor ini sangat bisa diandalkan untuk beragam kondisi jalan.
 
"Motor ini diciptakan dengan rangka dan ergonomi berkendara yang sangat sesuai untuk kebuturan adventure touring. The All-New Himalayan kini benar-benar berbeda dari versi Himalayan terdahulu. Ini memungkinkan Anda bisa berpetualang lebih nyaman dan lebih baik tanpa harus khawatir soal kenyamanan dan teknologi,” papar Anuj Dua.

Lalu apa saja yang membuat Kami sangat terpesona saat menjajal lebih jauh motor dengan kaki-kaki yang jangkung namun tetap bisa digunakan untuk orang Indonesia ini? Berikut ulasan lengkapnya:
 
Baca Juga:
Belum Yakin dengan EV, Toyota Pangkas Target Produksi
 

Tenaga dan Torsi Mumpuni

Namanya motor petualang, torsi adalah satu yang selalu mendapat perhatian lebih. Mengingat motor tipe ini biasanya juga sanggup memberikan akomodasi untuk mereka yang ingin membawa barang lebih banyak. Meski saat menjajalnya di jalur bergelombang Serpong-Rumpin tanpa tambahan boks, namun feeling torsi lebih besar sangat bisa dirasakan dengan baik. 
 
Dengan tenaga maksimum 40.02PS di 8.000rpm, dan torsi maksimum 40 Newton meter di 5.500rpm, mesin Sherpa 452cc terbaru menghasilkan 90% torsinya mulai dari 3.000rpm ke atas. Torsi besar ini bahkan juga terasa menjambak di transmisi-2 meski di kecepatan rendah. Jadi saat berakselerasi dalam beberapa kondisi seperti cuaca panas dan jalan bergelombang parah, rasanya tak akan ada masalah. Apalagi mesinnya sudah dilengkapi dengan sistem pendingin liquid-cooled
 
Bagian yang terasa sangat asik adalah sistem gearbox six-speed yang baru menghasilkan fleksibilitas rasio yang lebih tinggi dan kemampuan lebih baik saat berkendara di jalan tol. Hal ini dihasilkan oleh slip dan kopling bantuan baru yang menggunakan kabel. Ngoper gigi juga terasa lebih mudah lantaran tuas kopling yang lebih ringan dan masa hidup kopling yang lebih lama.

Peredaman Sempurna

Salah satu poin yang membuat tester Medcom.id sangat terpikat adalah karena The All-New Himalayan memiliki ground clearance yang lebih tinggi dan suspensi berkendara travel suspension yang panjang. Meski demikian dengan tinggi badan 160 cm, pun masih sangat akomodatif dan tidak terasa menyulitkan. Frame twin-spar baru yang berbahan besi telah dirancang untuk memberikan manfaat ini di situasi off-road tanpa membuat sepeda motor ini terlalu tinggi atau mengintimidasi. 
 
Baca Juga:
Mau Bikin Mobil Lebih Irit? Lakukan Cara Ini

 
Saat mencoba melakukan speeding-up di kondisi jalan bergelombang cukup parah, peredaman shockbreaker depan yang menggunakan Showa cartridge-type inverted fork baru, sangat sempurna. Berpadu dengan rangka baru lebih kaku dan lebih kuat, membuat performa dan stabilitas berkendara sangat baik bahkan di saat menikung. 
 
Jika melihat lingkar roda depan 21 inci dan roda belakang 17 inci, ternyata jadi kombinasi yang pas. Apalagi dipadu dengan velg aluminium dan ban khusus yang baru untuk cengkeraman kuat serta handling dan stabilitas yang sangat baik di kondisi on-road maupun off-road. Selain itu, ban belakang berukuran 140/80 yang lebih lebar, bikin traksinya nyaris tak ada yang hilang. 

Fitur-Fitur di Luar Prediksi

Hal lain yang membuat Himalayan 450 ini jadi sangat berbeda adalah fitur-fiturnya dibuat mengikuti perkembangan zaman. Misalnya TripperDash yang baru. Meski terlihat klasik bentuknya, namun memiliki berbagai fitur inovatif bagi pengendara. Bahkan ada fitur navigasi full map pada layar bulat yang pertama di dunia, yang diciptakan dengan Google Maps Platform dengan panduan suara yang tersedia dalam lebih dari 130 bahasa. 
 
Controller joystick di bagian kemudi tangan kiri memungkinkan Anda untuk mengendalikan cluster serta musik, panggilan telepon dan pesan sebagai bagian dari konektivitas mobile. Pengendara dapat memilih antara mode berkendara Performance dan Eco, menyesuaikan respon throttle melalui ride-by-wire setup yang baru. ABS belakang dapat dimatikan untuk pengalaman berkendara off-road yang lebih menarik.
 
Baca Juga:
Turunkan Emisi Kendaraan, Toyota: Mobil Listrik Bukan Satu-Satunya

 
Tak ketinggalan juga disiapkan power outlet di bagian tengah bawah setang yang mengindikasikan Anda tak perlu khawatir jika menggunakan smartpnone Anda. Fitur terakhir yang juga sangat unik adalah di motor ini tidak terlihat ada penampakan lampu stop atau lampu belakang. Hanya ada 2 lampu sein kiri-kanan. Namun ternyata justru inilah lampu stop-standby sekaligus lampu seinnya. Jadi rasanya motor ini sangat patut diberi acungan jempol.
 
Harga lengkap All-New Himalayan 450
Base Variant: Rp151,5 juta
Pass Variant: Rp156,5 juta
Summit Variant: Rp159,6 juta
Summit (Tubeless) Variant: Rp162,5 juta
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan