Jakarta - Beberapa komponen di sepeda motor dengan sistem pembakaran internal atau ICE, punya peran besar untuk membuat motor tersebut bisa beroperasi dengan baik. Tak terkecuali dengan pemasok tenaga listrik yaitu baterai atau aki. Lalu sebaiknya Anda memasang aki kering atau aki isi ulang? Hmm, tentu patut dipahami dulu apa itu aki kering atau aki bebas perawatan.
Penanggung Jawab Divisi Massiv di PT. Wacana Prima Sentosa, Tumenggung Prabowo menegaskan bahwa pada intinya aki bebas perawatan atau aki kering, itu tak perlu lagi memikirkan yang namanya mengisi ulang cairan ke dalam aki. Karena aki tersebut sudah diisi dengan cairan dan siap digunakan untuk jangka waktu hingga dua tahun.
"Sebenarnya Massiv sudah punya aki dengan label MF atau maintenance free (bebas perawatan) khusus untuk sepeda motor. Bedanya, versi sebelumnya yaitu Massiv Amal itu cairannya belum diisi ke aki. Tujuannya untuk mengedukasi konsumen tentang energi yang bisa digunakan dari titik awal. Tapi itu dinilai tak efisien dan butuh waktu, sehingga Kami meluncurkan versi terbaru yaitu Thunder MF untuk kendaraan roda dua," ujar Tumenggung Prabowo di sela peluncuran aki baru itu di Bengkel Fast, Pancoran pada Minggu (16/7/2023).
Ia menegaskan bahwa terdapat perbedaan di kerangka baterai dari versi terdahulu. Terutama di jaringan sel timah sekarang menggunakan expanded metal. Kemudian di bagian separator dalamnya juga lebih tebal dari versi Thunder MF untuk kendaraan roda empat. Ini berfunsi untuk menahan getaran agar aki tak mudah rusak atau bocor.
Baca Juga:
Peranan SNI untuk Ekosistem Kendaraan Listrik
Terdapat dua tipe yang banyak diminta oleh pasar dan mereka penuhi kali ini yaitu tipe MTZ5S dan MTZ6V. “Semua keunggulan yang ada di Aki Mobil Massiv Thunder MF, disematkan secara sempurna pada produk baru ini. Sehingga kami sangat optimis Aki Motor Massiv Thunder ini kembali mampu diterima dengan baik oleh konsumen,” imbu perawakilan dari Massiv Thunder MF, Austin Wanandi.
Ia melanjutkan bahwa mereka menyesuaikan dengan perilaku masyarakat tentang kebutuhan aki bebas perawatan yang menunjang mobilitas dan aktivitas, jagoan baru mereka ini bisa menjadi pilihan yang bijak. Artinya secara implisit, versi sebelumnya yang masih menggunakan cara lama dalam mengisi air aki, secara otomatis dihentikan produksinya.
Peruntukan aki ini diklaim bisa digunakan untuk tipe kendaraan yang membutuhkan tipe aki dengan besaran voltase sebesar 12 volt. Bedanya secara spesifikasi hanya dari sisi kecocokan teknologi saja. Untuk MTZ5S itu untuk motor-motor yang usianya di atas 4 tahun, sementara untuk MTZ6V itu untuk motor-motor terbaru. Banderolnya pun dimulai dari Rp200 ribuan.
Jakarta - Beberapa komponen di sepeda motor dengan sistem pembakaran internal atau ICE, punya peran besar untuk membuat motor tersebut bisa beroperasi dengan baik. Tak terkecuali dengan pemasok tenaga listrik yaitu baterai atau aki. Lalu sebaiknya Anda memasang aki kering atau aki isi ulang? Hmm, tentu patut dipahami dulu apa itu aki kering atau aki bebas perawatan.
Penanggung Jawab Divisi Massiv di PT. Wacana Prima Sentosa, Tumenggung Prabowo menegaskan bahwa pada intinya aki bebas perawatan atau aki kering, itu tak perlu lagi memikirkan yang namanya mengisi ulang cairan ke dalam aki. Karena aki tersebut sudah diisi dengan cairan dan siap digunakan untuk jangka waktu hingga dua tahun.
"Sebenarnya Massiv sudah punya aki dengan label MF atau maintenance free (bebas perawatan) khusus untuk sepeda motor. Bedanya, versi sebelumnya yaitu Massiv Amal itu cairannya belum diisi ke aki. Tujuannya untuk mengedukasi konsumen tentang energi yang bisa digunakan dari titik awal. Tapi itu dinilai tak efisien dan butuh waktu, sehingga Kami meluncurkan versi terbaru yaitu Thunder MF untuk kendaraan roda dua," ujar Tumenggung Prabowo di sela peluncuran aki baru itu di Bengkel Fast, Pancoran pada Minggu (16/7/2023).
Ia menegaskan bahwa terdapat perbedaan di kerangka baterai dari versi terdahulu. Terutama di jaringan sel timah sekarang menggunakan expanded metal. Kemudian di bagian separator dalamnya juga lebih tebal dari versi Thunder MF untuk kendaraan roda empat. Ini berfunsi untuk menahan getaran agar aki tak mudah rusak atau bocor.
Baca Juga:
Peranan SNI untuk Ekosistem Kendaraan Listrik
Terdapat dua tipe yang banyak diminta oleh pasar dan mereka penuhi kali ini yaitu tipe MTZ5S dan MTZ6V. “Semua keunggulan yang ada di Aki Mobil Massiv Thunder MF, disematkan secara sempurna pada produk baru ini. Sehingga kami sangat optimis Aki Motor Massiv Thunder ini kembali mampu diterima dengan baik oleh konsumen,” imbu perawakilan dari Massiv Thunder MF, Austin Wanandi.
Ia melanjutkan bahwa mereka menyesuaikan dengan perilaku masyarakat tentang kebutuhan aki bebas perawatan yang menunjang mobilitas dan aktivitas, jagoan baru mereka ini bisa menjadi pilihan yang bijak. Artinya secara implisit, versi sebelumnya yang masih menggunakan cara lama dalam mengisi air aki, secara otomatis dihentikan produksinya.
Peruntukan aki ini diklaim bisa digunakan untuk tipe kendaraan yang membutuhkan tipe aki dengan besaran voltase sebesar 12 volt. Bedanya secara spesifikasi hanya dari sisi kecocokan teknologi saja. Untuk MTZ5S itu untuk motor-motor yang usianya di atas 4 tahun, sementara untuk MTZ6V itu untuk motor-motor terbaru. Banderolnya pun dimulai dari Rp200 ribuan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)