Cek berkala tekanan angin ban motor cegah kempes saat di jalan. Guatemaladigital
Cek berkala tekanan angin ban motor cegah kempes saat di jalan. Guatemaladigital

Tips Knowledge

Waktu Tepat Ganti Ban Dalam Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto • 11 Mei 2018 10:29
Jakarta: Populasi motor pengguna ban tubeless kini nyaris dominan. Mereka yang menggunakan ban tube type atau yang menggunakan ban dalam, kebanyakan motor-motor bergenre offroad. Ban tubeless terbilang lebih stabil tekanan anginnya (jarang gembos), dari pada ban tube type. Padahal level terpenting untuk diperhatikan sebelum berkendara adalah bagian tersebut.
 
Untuk itu penting menjaga kondisinya, jangan sampai bagian ini kekurangan angin. Terlebih saat membawa penumpang atau muatan ketika di perjalanan. Ban motor, baik tipe tubeless maupun tube type/ban dalam, harus dijaga tekanannya. Jika dibiarkan kekurangan angin dan digunakan dalam waktu lama, maka akan berakibat rusaknya komponen yang terbuat dari karet tersebut.
 
"Kalau ban yang masih menggunakan ban dalam, akan cepat rusak jika kekurangan angin. Ini akibat ban dalam yang kurang angin, termakan oleh ban luar atau terjepit. Mengisi angin ban jangan terlalu keras dan jangan sampai kurang, harus pas sesuai yang direkomendasikan pabrikan," jelas Rifat Sungkar kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Waktu Tepat Ganti Ban Dalam Sepeda Motor
Dia pun menuturkan bahwa ban tubeless memang tidak akan mengalami kerusakan separah ban dalam. Namun jika ban kekurangan angin dalam waktu yang lama, maka angin akan keluar dari celah-celah ban dan pelek. Akibarnya ban menjadi kempes.
 
Umumnya mengatasi ban motor kempes karena bocor dilakukan dengan cara ditambal, namun perlu juga memperhatikan kondisi ban. Untuk tipe ban tubeless, jika tambalannya cukup banyak sebaiknya diakali menggunakan ban dalam di ban tubeless. Artinya fungsinya sebagai ban tubeless takkan berjalan lagi karena diperlakukan seperti tube type.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk tipe tube type, jika penambalannya sudah lebih dari tiga kali, maka dianjurkan untuk diganti dengan yang baru. Ini untuk mencegah ban kempes kembali, akibat kekuatan tambalan yang tidak optimal pada karet ban.
 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif