Kondisi ban sepeda motor berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. RgbstockKondisi ban sepeda motor berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Rgbstock
Kondisi ban sepeda motor berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. RgbstockKondisi ban sepeda motor berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Rgbstock

Ciri Ban Motor Minta Ganti Baru

Otomotif ban motor perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 17 September 2019 07:20
Jakarta: Banyak pemilik sepeda motor menyepelekan, bahkan terkesan tidak memperdulikan kondisi ban yang digunakannya. Padahal, ban punya peran penting dalam keselamatan berkendara, karena komponen ini bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.
 
Ikhsan, mekanik Fortune Ban, menjelaskan terkadang beberapa kondisi ban memang masih bisa diperbaiki. Namun tidak semua kondisi ban bisa diperbaiki dan sebaiknya harus segera ganti.
 
"Kalau ban yang sudah rusak kawatnya pastinya tak layak pakai lagi. Sudah tidak aman. Biasanya ada benjol-benjol di bagian ban," jelas Iksan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk ban tubeless, terkadang beberapa hal bisa menyebabkan ban menjadi sobek. Tetapi tidak semua sobekan pada ban dapat diperbaiki.
 
"Ban tubeless kalau sobeknya cuma 1-2 centimeter masih bisa diperbaiki, tapi kalau lebih dari itu lebih baik langsung ganti. Kemudian untuk ban yang sudah sobek, jika pun bisa diperbaiki tetap akan menggunakan ban dalam," jelas salah satu mekanik ban di bilangan Jalan Raya Dharmawangsa, Jakarta Selatan.
 
Kemudian hal terakhir yang harus jadi perhatian adalah soal kembangan ban. Jangan gunakan ban yang kembangannya sudah habis karena sudah berbahaya.
 
"Kalau ulirnya sudah tidak ada alias permukaan ban sudah halus, sudah saatnya melakukan penggantian. Kalau tidak diganti nanti ban menjadi licin dan mudah slip saat berkendara, karena daya cengkeramnya sudah tidak optimal," tutupnya.
 
Namun untuk ukuran safety penggunaan, ban memiliki indikator tapak ideal atau tread wear indicator di pinggiran ban. Biasanya letaknya di bagian tepi dengan bentuk kode segitiga agak menonjol. Jika ketinggian TWI ini sudah sama dengan tapak bannya, maka itu adalah ciri utama agar ban segera diganti.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif