Para online teknisi yang sedang menangani motor konsumennya. Oltek
Para online teknisi yang sedang menangani motor konsumennya. Oltek

Teknisi Otomotif

Digitalisasi Teknisi ala SMK Karya Nasional Jawa Barat

Ahmad Garuda • 27 Oktober 2019 07:50
Jakarta: Digitalisasi ragam layanan dan kebutuhan masyarakat, tidak hanya disadari oleh perusahaan yang kiblatnya memang profitabilitas. Tapi digitalisasi ini juga sudah merambah sekolah-sekolah. Seperti program Online Teknisi (Oltek) hadir di Jawa Barat.
 
SMK Karya Nasional Kuningan merupakan sekolah pertama di Jawa Barat yang mengimplementasikan sistem Oltek SMK untuk bengkel Teaching Factory (Tefa) jurusan Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Peluncuran Oltek di sekolah ini pada akhir Oktober lalu bahkan dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH MH.
 
“Kita harus dapat beradaptasi, mengikuti, memahami, dan menguasai teknologi yang terkit era industri 4.0 karena didalamnya terdapat persaingan yang ketat. Dengan menguasai dan mampu menerapkan teknologi di dalam kehidupan sehari-hari kita akan dapat meraih manfaat dan keuntungan yang kita inginkan,” kata Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acep yang langsung melihat para siswa praktek dengan Oltek ini terkesan dengan kemampuan siswa-siswi yang sudah mempu mengoperasikan peralatan-peralatan bengkel modern seperti Engine Diagnostic, Injector Cleaner, dan Oil Inflator.
 
Selain itu Bupati juga menyaksikan bagaimana proses booking service online dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan handphone yang selanjutnya data booking service itu diterima oleh petugas penerimaan service dengan menggunakan handphone androidnya.
 
Digitalisasi Teknisi ala SMK Karya Nasional Jawa Barat
 
Skill Mumpuni
Masih banyak masyarakat yang meragukan skill para siswa SMK jurusan teknik bisnis sepeda motor atau teknik kendaraan ringan dalam service motor. Khawatir motor gak karuan setelah diservis.
 
Prasangka itu harus dibuang jauh. Karena siswa SMK bersama Oltek (Online Teknisi) dipercaya masyarakat dalam service motor. Malah jadi rebutan. Oltek SMK Service Gratis bukti nyata siswa SMK dipercaya dan mendapat hati di masyarakat.  
 
Kegiatan ini  pun menarik perhatian Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Fatkhurrahman untuk hadir dan melihat langsung kegitan para siswa SMK ini ditemani Kepala SMK Dwija Bhakti Jombang, Arierf Sugiarto yang masuk dalam 11 SMK di Jatim yang tergabung dalam Oltek
 
“Siswa SMK punya kompetensi dan eksis di bidang ini. Bersama dengan Oltek dan bertempat di  Hotel Yusro menggelar Oltek Service Gratis. Kami bergarap dengan kegiatan ini menambah kemampuan dan percaya diri para siswa SMK. Sehingga setelah lulus bisa membuka bengkel atau siap bekerja di bidangnya,” kata Fatkhurrahman.
 
Antusias Masyarakat Jombang di Oltek SMK Service Gratis luar biasa.  “Target kita melayani 50 unit motor service. Pelaksanaannya sampai 80 motor. Ada 4 peserta dengan berat hati kami tolak karena keterbatasan waktu,” kata Rudik dari Oltek SMK.
 
Sebanyak 80 motor yang ikut Oltek Service Gratis ini 50 unit dari Mitra GrabBike dan 30 dari masyarakat. Peralatan bengkel yang modern seperti Engine Diagnostic Tool,  Injector Cleaner, Oil Invltor digunakan.
 
(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif