Penjualan sepeda motor di pasar nasional diprediksi masih stagnan. Doc. Medcom
Penjualan sepeda motor di pasar nasional diprediksi masih stagnan. Doc. Medcom

Pasar Sepeda Motor Diprediksi Stagnan di 2019

Otomotif penjualan motor industri otomotif honda motor
Ahmad Garuda • 21 Mei 2019 07:36
Jakarta: Prediksi pasar sepeda motor di 2019, diprediksi tidak mengalami kenaikan signifikan atau cenderung stagnan. Namun upaya pabrikan sepeda motor untuk membuat pasar ini terus tumbuh, cukup besar. Beberapa produk baru yang diperkenalkan bisa jadi senjata untuk menggenjot ketertinggalan di semester awal.
 
Meski tidak dikatakan salah satu penyebabnya adalah tahun politik yang cukup rumit, namun bocoran fakta penjualan sepeda motor mungkin bisa jadi acuan. Sayangnya, data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) belum keluar. Sehingga data yang ada hanya dari brand saja.
 
"Penjualan kami di empat bulan pertama tahun ini, mengalami kenaikan sekitar sebesar 13 persen, yaitu dari 1,5 juta pada periode Januari-April 2018, menjadi 1,7 juta unit di periode yang sama tahun ini. Penjualan ini angkanya adalah wholesales," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya dalam sesi buka puasa bersama jurnalis otomotif nasional di Scenic, Jakarta pada Senin (20/5/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thomas menambahkan bahwa naiknya penjualan mereka di periode ini, tak lain karena momentum lebaran yang membuat lonjakan besar. Tapi kalau secara menyeluruh, Ia menegaskan bahwa penjualan tahun ini masih akan stagnan sekitar 6 juta unit hingga 6,3 juta unit.
 
Dalam pernyataannya itu, Thomas menegaskan bahwa penjualan motor skuter matic mereka sudah mendominasi dan mendekati angka 90 persen. Dominannya penjualan skuter matic ini pun, mayoritas masih diisi oleh motor dengan kapasitas mesin sebesar 125 cc ke bawah.
 
"Ya, tren ini itu memang masih terus berjalan, mengingat posisi harga juga terbilang yang bisa dijangkau masyarakat kita secara luas."
 
Meski mengaku pasar kendaraan roda dua masih akan stagnan, namun komitmen mereka untuk membawa ragam produk baru di pasar nasional cukup besar. Dan, bisa jadi ajang pameran multi produk di Jakarta Fair alias Pekan Raya Jakarta yang bakal berlangsung mulai Rabu (22/5/2019) besok bakal jadi momentum peluncuran produk baru. Kita tunggu saja.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif