medcom.id, Italia: Pembalap utama di tim pabrikan, saat ini memang dikekang oleh regulasi balap MotoGP agar tidak melakukan terlalu banyak pengetesan secara privat. Tapi secara pengembangan atau riset motor, pastinya mereka sangat senang jika selalu diikutkan di setiap bagian yang dikembangkan tim manufaktur.
Hal inilah yang kemudian dikomentari oleh Andrea Iannone. Ia menganggap bahwa saat bersama tim utama Ducati, Ia tak pernah benar-benar terlibat dalam hal pengembangan motor dari awal. Ia hanya dilibatkan saat proses final dari riset itu menyisakan beberapa persen lagi.
"Saat saya bersama Ducati, memang mereka sudah sangat baik kepadaku dan tak pernah memperlakukan yang buruk. Tapi satu hal yang tidak saya dapat yaitu pengembangan motor sejak awal, saya tak dilibatkan. Padahal di Pramac Racing, saya terlibat cukup jauh. Di Suzuki saya malah langsung mendapat kepercayaan untuk bersama-sama melakukan riset sejak awal," klaim Iannone.
Contoh lain yang biasanya dilakukan tim dan pembalap adalah dengan cara menggunakan semua masukan dan diolah agar sesuai dengan gaya pembalapnya. Bukan hanya untuk kepentingan pembalap utama, juga untuk kepentingan pembalap yang menggunakan brand motor sama meski berbeda tim.
Misalnya Yamaha, mereka mengembangkan motor berdasarkan keahlian kedua pembalapnya. Sehingga setup untuk pembalap di tim satelit juga terakomodasi di sana.
medcom.id, Italia: Pembalap utama di tim pabrikan, saat ini memang dikekang oleh regulasi balap MotoGP agar tidak melakukan terlalu banyak pengetesan secara privat. Tapi secara pengembangan atau riset motor, pastinya mereka sangat senang jika selalu diikutkan di setiap bagian yang dikembangkan tim manufaktur.
Hal inilah yang kemudian dikomentari oleh Andrea Iannone. Ia menganggap bahwa saat bersama tim utama Ducati, Ia tak pernah benar-benar terlibat dalam hal pengembangan motor dari awal. Ia hanya dilibatkan saat proses final dari riset itu menyisakan beberapa persen lagi.
"Saat saya bersama Ducati, memang mereka sudah sangat baik kepadaku dan tak pernah memperlakukan yang buruk. Tapi satu hal yang tidak saya dapat yaitu pengembangan motor sejak awal, saya tak dilibatkan. Padahal di Pramac Racing, saya terlibat cukup jauh. Di Suzuki saya malah langsung mendapat kepercayaan untuk bersama-sama melakukan riset sejak awal," klaim Iannone.
Contoh lain yang biasanya dilakukan tim dan pembalap adalah dengan cara menggunakan semua masukan dan diolah agar sesuai dengan gaya pembalapnya. Bukan hanya untuk kepentingan pembalap utama, juga untuk kepentingan pembalap yang menggunakan brand motor sama meski berbeda tim.
Misalnya Yamaha, mereka mengembangkan motor berdasarkan keahlian kedua pembalapnya. Sehingga setup untuk pembalap di tim satelit juga terakomodasi di sana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(GUS)