Penampakan Yamaha F1Z di dealer DDS Bali. DDS Bali
Penampakan Yamaha F1Z di dealer DDS Bali. DDS Bali

Motor Klasik

Ada Yamaha F1Z di Dealer Resmi, Kembali di Jual?

Otomotif yamaha motor klasik
Ekawan Raharja • 26 Agustus 2020 08:14
Jakarta: Bagi penyuka motor klasik tahun 90-an tentu familiar dengan model Yamaha F1Z. Nah baru-baru ini dealer Yamaha di Bali kembali memajang kuda besi dua tak ini di area display, apakah model ini kembali dihidupkan untuk dipasarkan?
 
Ternyata ini adalah bagian pihak dealer untuk memeriahkan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini. F1Z ini hanya dipamerkan saja dan milik salah satu konsumen mereka yang ada di Bali.
 
“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat saat kemerdekaan RI ke 75, dan sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah di Indonesia,” tulis Promosi DDS Bali, Andri Fistulariyanto, melalui pesan elektroniknya.
 
Ada Yamaha F1Z di Dealer Resmi, Kembali di Jual?
 
F1Z tahun 1996 ini merupakan model Alfa menuju F1ZR, dan secara tampilan mirip dengan Force 1. Selain itu mesin yang digunakan sudah mencapai 110 c, lebih besar dari Alfa, dan dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan silindernya.
 
Motor ini merupakan hasil restorasi karena beberapa komponennya sudah termakan umur. Beberapa bagian di ganti dengan komponen baru dan hasilnya layaknya sepeda motor baru seperti keluar dari dealer.
 
“Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2-tak perlahan digantikan dengan motor 4-tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z,” tambah Andri Fistulariyanto.
 
Uniknya, unit yang ditampilan di DDS Bali ini berkelir putih dan populasinya sangat sedikit. Hal ini karena di masa produksinya, warna ini sangat jarang dipilih konsumen, sehingga unitnya sedikit dan kini menjadi langka.
 
Apakah Anda punya kenangan juga dengan model F1Z?
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif